Jakarta

Banyak orang melakukan puasa intermiten untuk menambah berat badan. Bisakah Anda tetap minum kopi saat menjalani diet ini? Berikut penjelasan ahlinya.

Puasa intermiten merupakan pola diet yang dilakukan berupa puasa dan window feeding. Mereka mengatur waktu makan pada waktu-waktu tertentu.

Umumnya puasa 16 jam dan jendela makan 8 jam. Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai makanan dan minuman yang dikonsumsi, namun sebaiknya pilihlah yang bergizi seimbang.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Beberapa sumber menyebutkan kopi hitam sebagai minuman yang aman dan baik dikonsumsi saat puasa intermiten. Namun, benarkah seperti itu?

Campur kopi dengan lada hitamCampuran kopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Melaporkan dari The Manual (14/11), minum kopi setiap hari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Mulai dari membantu seseorang tetap fokus, meningkatkan energi, mengontrol mood, hingga menurunkan berat badan.

Jadi, minum kopi saat puasa intermiten diperbolehkan. Jenis yang aman dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa tambahan gula, krim dan bahan lain yang mengandung kalori tinggi.

Satu cangkir (240 ml) kopi hitam hanya mengandung sekitar 3 kalori, dengan sedikit protein, lemak, dan mineral. Jadi, 1-2 cangkir kopi pun tidak akan menyebabkan perubahan metabolisme.

Kopi hitam ini bisa diminum untuk menekan nafsu makan. Kafein yang terkandung dalam kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme sehingga membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

Selain kopi hitam, ada juga orang yang mengonsumsi kopi dengan tambahan minyak kelapa saat puasa jangka pendek. Padahal konsumsi ini bisa menambah kalori pada tubuh. Namun, jenis lemak yang digunakan adalah jenis lemak yang sehat dan tidak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap kadar gula darah.

Minuman lain yang perlu dihindari saat intermittent fasting adalah minuman yang memiliki kandungan kalori tinggi. Ini termasuk bubble tea, minuman ringan, milkshake dan lain-lain.

Menonton video “Kedai Kopi M. Aboe Talib Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *