Jakarta

Salah satu keluarga dengan umur terpanjang di dunia ini sepertinya punya makanan dan minuman favorit. Mulai dari roti hingga wine.

Pola makan yang sehat dan gaya hidup yang teratur menjadi faktor yang mendukung seseorang untuk hidup lebih lama. Makanan sering disebut-sebut sebagai salah satu faktor utama dan rahasia mengapa seseorang bisa hidup hingga usia 100 tahun.

Dilansir dari DailyMail (01/02), wilayah Sardinia di Italia dijuluki sebagai Zona Biru karena memiliki tingkat penyakit kronis terendah di dunia. Begitu pula dengan masyarakat yang sehat dan rata-rata mempunyai harapan hidup yang lebih panjang.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Di Sardinia, sebagian besar penduduknya bisa hidup hingga lebih dari 100 tahun. Hal inilah yang dibahas dalam serial dokumenter besutan Netflix bertajuk 'Live to 100: Secrets of the Blue Zones'.

Inilah Makanan dan Minuman Favorit Keluarga Tertua di DuniaInilah makanan dan minuman favorit keluarga yang paling lama hidup di dunia Foto: Berita Laman/iStock Illustration

Ada lima wilayah yang disebut sebagai 'Zona Biru' atau wilayah dengan angka harapan hidup tertinggi. Seperti Okinawa di Jepang, lalu Sardinia di Italia, lalu Nicoya di Kosta Rika, disusul Ikaria di Yunani hingga Loma Linda di California.

Salah satu yang menarik adalah keluarga Melis mendapat Guinness World Record, sebagai keluarga dengan kombinasi usia tertinggi di dunia. Lengkap dengan sembilan saudaranya yang semuanya masih hidup.

Pada tahun 2012, rekor ini diserahkan kepada keluarga Melis dengan total usia keluarga tersebut jika digabungkan mencapai 861 tahun. Dengan anggota keluarga tertua berusia 109 tahun.

Pakar kesehatan Dan Buettner pun membagikan menu ramah keluarga ini. Salah satunya adalah sup Minestrone yang terbuat dari kacang garbanzo atau buncis, kacang pinto, dan kacang putih.

Kemudian sup ini disantap dengan roti penghuni pertama dan segelas kecil anggur merah (88 ml). Meski terlihat sederhana dan hanya terbuat dari kacang-kacangan, soto favorit keluarga Melis ini juga menggunakan beragam sayuran yang ditanam di kebun.

Inilah Makanan dan Minuman Favorit Keluarga Tertua di Duniakeluarga Melis. Foto: Situs Berita/Ilustrasi iStock

Hidangan sup yang dipadukan dengan roti penghuni pertama dan anggur ini memiliki rentang kalori yang lebih kecil dibandingkan hidangan lainnya.

Seperti yang Anda ketahui, buncis atau Garbanzo kaya akan serat dan protein, serta mengandung vitamin dan mineral penting. Begitu pula dengan kacang pinto yang kaya serat dan folat serta menurunkan kolesterol.

Kacang putih yang tinggi nutrisi dan rendah kalori juga merupakan sumber serat dan protein. Hal ini membuat tubuh terasa lebih kenyang, dan mencegah orang makan berlebihan.

Menurut ahli diet Samantha Cassetty, orang yang berumur panjang dan memiliki tubuh sehat kebanyakan mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari.

“Penting untuk diingat bahwa sup favorit keluarga ini menggunakan tiga jenis kacang-kacangan dan beragam sayuran. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kita mengonsumsi 30 jenis makanan nabati per minggu untuk meningkatkan kesehatan usus dan perut agar hidup lebih lama,” kata Samantha.

Menurut Buettner, keluarga Melis sering menyantap makanan tersebut bukan karena terpaksa mengonsumsi makanan sehat, melainkan karena mereka selalu menyukai makanan tersebut. Keluarga Melis masih makan di meja yang sama hingga saat ini.

“Menjaga hubungan sosial dapat meningkatkan kebahagiaan, melawan kesepian dan tentunya lebih berdampak pada kesehatan dibandingkan nutrisi dalam makanan,” tutup Samantha.

Selain makanan yang disantap keluarga Melis, ada juga makanan lain yang bisa membantu orang berumur panjang.

Menonton video “Hati-hati! Makanan cair bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *