Jakarta

Hobi minum minuman manis dan soda setiap hari selama setahun penuh, gigi wanita ini rusak parah. Ia pun harus mengantongi ratusan juta rupiah untuk biaya pengobatan.

Makanan dan minuman manis memang enak untuk disantap, apalagi bagi mereka yang ‘manis’ atau penggemar makanan dan minuman manis. Tentu saja, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan bahkan bisa berakibat fatal bagi tubuh.

Salah satu efek samping dari minuman manis dan minuman berkarbonasi adalah dapat merusak gigi dan menyebabkan pembusukan, jika minuman tersebut dikonsumsi setiap hari selama setahun penuh.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Minum soda setiap hari, wanita ini menghabiskan Rp442 juta untuk merawat giginyaMinum Soda Tiap Hari, Wanita Ini Habiskan Rp442 Juta untuk Rawat Gigi Foto: Weibo/iStock

Laporan dari WOB (03/03), baru-baru ini ada seorang remaja putri asal Tiongkok yang harus mengobrak-abrik dompetnya karena sudah setahun meminum minuman manis berkarbonasi.

Minuman berkarbonasi dikenal sebagai minuman yang mengandung karbon dioksida di bawah tekanan air, atau dikenal juga dengan minuman berkarbonasi. Minuman ini diketahui mengandung banyak gula dan tidak sehat jika diminum setiap hari.

Wanita berusia 22 tahun ini mengaku setiap hari gemar meminum minuman manis dan bersoda seperti air putih. Karena kandungan gulanya menumpuk, gigi akhirnya membusuk dan berubah warna.

Setelah diperiksa ke dokter gigi, ternyata kondisi gigi remaja putri ini cukup serius. Hampir seluruh bagian gigi mengalami erosi parah yang disebabkan oleh hilangnya bahan mineral pada gigi akibat paparan asam yang bukan berasal dari bakteri mulut.

Saking parahnya, wanita ini kesulitan mengunyah makanan atau makan karena tekanan sekecil apa pun bisa menyebabkan giginya tercabut dari gusinya.

Minum soda setiap hari, wanita ini menghabiskan Rp442 juta untuk merawat giginyaMinum Soda Tiap Hari, Wanita Ini Habiskan Rp442 Juta untuk Rawat Gigi Foto: Weibo/iStock

Akhirnya, mau tidak mau, wanita tersebut harus merawat dan memperbaiki giginya. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit, banyak rangkaian perawatan gigi yang harus ia lalui. Salah satunya adalah perawatan pencabutan gigi dan implan gigi sebesar RMB 200.000 (Rp 442 juta).

Dokter juga menekankan bahwa konsumsi berlebihan minuman berkarbonasi dan jus yang mengandung asam dapat menyebabkan erosi asam dan menyebabkan erosi gigi yang serius.

Ini bukan pertama kalinya hal seperti ini terjadi. Banyak orang menderita gigi rusak dan busuk karena kebiasaan minum dan makan yang manis-manis. Seperti halnya pria bernama Michael Sheridan asal Inggris yang kecanduan minum enam liter soda setiap hari.

Akibatnya giginya mulai membusuk. Tak jarang ia terbangun tengah malam hanya karena giginya sakit. Sheridan juga tidak bisa tersenyum lebar di depan orang karena malu dengan kondisi giginya.

Baca juga: Hiii… Gara-gara Kecanduan Minum Soda, Gigi Pria Ini Rusak Parah!” Lengkapnya.

Menonton video “61,27% masyarakat Indonesia mengonsumsi minuman manis lebih dari satu kali dalam sehari
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *