Jakarta

Tak hanya masakan Betawi, ada menu makanan khas Timur Tengah di Kota Tua. Pemiliknya mengaku mendapat ide tersebut dari hobinya keliling dunia!

Kawasan Kota Tua yang terletak di Pinangsia, Jakarta Barat, memang identik dengan bangunan Belanda dan sentuhan kuliner Betawi. Ternyata ada salah satu tempat makan yang mempunyai keunikan sajian yang berbeda dari yang lain.

Tak hanya makanan khas Indonesia, warung yang tergabung dalam Batavia Kantine ini memilih makanan khas Timur Tengah sebagai makanan utamanya. Pemiliknya telah menempuh perjalanan jauh untuk menyajikan makanan lezat yang sesuai dengan selera orang Indonesia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Eksperimen demi eksperimen sengaja dilakukan untuk mendapatkan perpaduan rasa yang tepat. Hingga akhirnya detikfood berhasil mengunjungi Alabi Middle Eastern Cuisine (30/11) dan mencoba beberapa menu populernya.

Baca Juga: Sebulan Nganggur, Rumah Ini Disulap Jadi Kebun Cabai Oleh Tetangga

Detail Informasi
Nama Restoran Masakan Timur Tengah Alabi
Alamat Batavia Kantine, Kota Tua, Pinangsia, Jakarta Barat.
Tidak ada Telp 0813-3674-1640
Jam operasional Setiap hari pukul 10.00 – 19.00 WIB
Perkiraan harga Rp 15.000 – Rp 45.000
Jenis Masakan Timur Tengah, Barat, Indonesia
Kenyamanan
  • Makan di rumah
  • Pesanan Daring
  • Pesanan Beku
  • dll.
Besar! Ada Nasi Kebuli dan Biryani khas Timur Tengah di Kota TuaIfanna mengaku mendapat inspirasi bisnis kulinernya lewat jalan-jalan keliling dunia. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Terinspirasi oleh Perjalanan Pemilik

Alabi Middle East Cuisine merupakan salah satu usaha yang dijalankan oleh Ifanna Lelianny. Ifanna mengaku suka jalan-jalan ke negara-negara di Timur Tengah, ia tertarik dengan cita rasa makanan yang kaya akan rempah-rempah.

Berawal dari dapur rumah, Alabi telah berdiri sejak tahun 2017 dan kini telah berhasil berkembang menjadi 5 cabang yang tersebar di Depok, Kota Tua, dan Bandara Soekarno Hatta. Ifanna bekerja tanpa kenal lelah untuk memadukan cita rasa Timur Tengah dengan cita rasa Indonesia melalui komentar-komentar yang diberikan para pelanggannya.

Meski begitu, ia tetap menggunakan bahan-bahan kualitas terbaik, bahkan ada yang didatangkan langsung dari Timur Tengah. Ia selalu membeli beras basmati Pakistan dan kapulaga hijau dari India saat bepergian ke Timur Tengah.

Nasi Biryani yang lezat

Besar! Ada Nasi Kebuli dan Biryani khas Timur Tengah di Kota TuaNasi biryani dengan resep Timur Tengah disajikan Ifanna di Kota Tua Alabi. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Layaknya restoran Timur Tengah, biryani dengan nasi basmati sebagai bahan utamanya disajikan di sini. Campuran bumbu dengan tambahan tomat dipelajari langsung oleh Ifanna di Timur Tengah dan resepnya dibawa ke Indonesia untuk disajikan di Alabi.

Jadi biryani ini beda dengan nasi kebuli, ini menu makanan yang biasa disantap di Timur Tengah. (biryani) dibumbui tomat sehingga rasanya sedikit asam dan menggugah selera, jelas Ifanna kepada detikcom.

Nasi biryani yang disajikan di Alabi hadir dengan potongan daging domba yang empuk, gurih dan pedas serta tidak berbau amis. Jenis basmati yang digunakan Ifanna bahkan didatangkan langsung dari Pakistan untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Ada Kofte dan Kebab yang tak kalah enaknya di halaman berikutnya.

Menonton video “Kuliner di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *