Jakarta

Minum air putih sangat dianjurkan. Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal, termasuk menghindari minum air putih setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Air putih merupakan salah satu minuman yang wajib diminum setiap hari. Minum air putih yang cukup dapat menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada beberapa fungsi, seperti pencernaan, sirkulasi, dan ginjal.

Minum air putih juga dapat mencegah dehidrasi dan mengontrol asupan kalori. Oleh karena itu, setiap hari Anda wajib minum air putih minimal 8 gelas sehari.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Meski demikian, minum air putih tidak boleh dilakukan sembarangan. Selain memperhatikan takarannya, Anda juga perlu memperhatikan waktu minum yang tepat. Sebaiknya hindari minum air putih setelah mengonsumsi 5 makanan ini.

Merangkum Times of India (16/12), hindari minum air putih dengan makanan berikut:

1. Makanan pedas

Tokopedia Makanan PedasDiketahui bahwa minum air putih setelah makan makanan pedas hanya akan membuat rasa panas semakin menjalar. Foto: Dok. Tokopedia

Makanan pedas bisa membuat lidah, mulut, dan perut terasa panas setelahnya. Dengan keadaan seperti ini, mungkin ada yang ingin segera menghilangkan rasa pedas dan pedasnya. Akhirnya mereka segera meminum airnya.

Namun, minum air putih setelah makan makanan yang sangat pedas bisa membuat rasa pedasnya menyebar di mulut. Itu menyebabkan sensasi terbakar. Sensasi pedasnya ini bikin makin haus.

Mengutip magelangkab.go.id, air juga merupakan zat polar yang tidak akan mampu menghilangkan rasa pedas di mulut. Minum air putih setelah makan makanan pedas juga bisa menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman.

2. Makanan berlemak

Resep Fillet Ayam Goreng TepungMinum air putih setelah makan makanan berlemak bisa menyebabkan kembung. Foto: iStock

Mengonsumsi makanan berlemak, seperti gorengan, fast food, dll. mungkin memiliki efek pada serat di tenggorokan. Jadi, mereka yang sudah selesai mengonsumsi makanan ini ingin segera menghilangkan serat dengan minum air putih.

Namun, minum air putih setelah makan makanan berlemak bukanlah pilihan yang tepat. Makanan berlemak bisa menyebabkan kembung. Minum air dalam jumlah banyak setelahnya juga berkontribusi terhadap ketidaknyamanan perut.

3. Minuman berkarbonasi

Air soda dan irisan lemon dalam gelas dengan es, hari yang cerah - fokus sempit di tengah gelasMinuman berkarbonasi juga sebaiknya tidak diminum setelah makan. Foto: iStock/Makanan Harian

Minum air berkarbonasi atau air soda seringkali merupakan pilihan yang baik untuk menghilangkan dahaga setelah makan. Namun minuman ini sebaiknya dihindari.

Meski banyak orang mengatakan air soda lebih sehat dibandingkan soda biasa, namun tetap saja bisa memicu gejala berbahaya. Apalagi bila air soda diminum setelah makan berat. Hal ini dapat menyebabkan kembung dan gas. Karbonasi dalam minuman ini juga berkontribusi terhadap gangguan pencernaan.

Makanan lain yang harus dihindari dengan air bisa dilihat di halaman berikutnya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *