Jakarta

Pecinta kopi dan wine akan senang dengan minuman kombinasi ini. Istilahnya masih asing di telinga, lalu apa sebenarnya kopi alkohol itu?

Seiring berjalannya waktu, racikan kopi yang tersedia saat ini semakin beragam. Para pecinta kopi tidak hanya bisa menikmati kopi racikan basic seperti Americano, cold brew, latte, atau cappucino saja, tapi juga kreasi kopi lainnya.

Ada banyak kreasi kopi yang unik, termasuk racikan kopi beralkohol ini. Setelah kopi Irlandia, yaitu kopi yang dicampur dengan wiski Irlandia, krim, gula, dan coklat, ada pula kopi anggur yang memadukan kopi dengan alkohol anggur.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Bagi penggemar kedua minuman ini mungkin akan sangat senang mendengarnya. Perpaduan kaya rasa kopi dengan wine dari buah anggur membuat racikan kopi ini memiliki cita rasa yang istimewa.

Namun bahan-bahannya tidak sesederhana itu. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ramuan kopi ini, simak penjelasan tentang wine kopi yang dirangkum dari homegrounds.com (01/11).

1. Apa itu kopi anggur?

anggur kopiKopi wine merupakan salah satu jenis kopi yang diolah dengan menggabungkan wine dengan kopi pada tahap pembuatannya. Foto: Getty Images/iStockphoto/bit245

Anggur kopi adalah minuman beralkohol yang menggabungkan anggur dan kopi. Aroma dan rasa wine berpadu menjadi satu minuman sehingga menghasilkan cita rasa yang utuh dan kaya.

Setelah mendengar ramuan dari kopi ini, mungkin ada yang mengira bahwa kopi ini dibuat oleh seorang bartender dengan mencampurkan beberapa minuman berbeda. Faktanya, menambahkan wine ke dalam secangkir kopi justru membuat rasanya tidak enak.

Baik kopi maupun wine memiliki rasa yang kuat, sehingga jika keduanya digabungkan hanya akan merusak rasa aslinya.

Oleh karena itu, wine coffee dibuat dengan proses yang berbeda. Wine dipadukan dengan kopi selama tahap penyeduhan sehingga rasanya menyatu. Dengan begitu, kedua rasa tersebut tidak saling berbenturan, melainkan saling melengkapi.

Wine kopi terbuat dari kopi yang diseduh menggunakan campuran minuman manis, ragi, enzim, dan senyawa asam. Campuran tersebut kemudian harus melalui proses fermentasi selama beberapa bulan, sebelum siap diminum.

Hasil akhirnya adalah wine kopi yang rasanya seperti meminum wine biasa namun dengan sentuhan aroma dan rasa seperti kopi.

2. Apakah kopi wine dan kopi infus wine itu sama?

anggur kopiKandungan kopi dan wine serupa, yaitu wine yang diresapi kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto/bit245

Selain wine kopi, ada juga wine blend yang dicampur dengan kopi. Namun apakah keduanya sama?

Anggur kopi dan anggur yang mengandung kopi adalah dua bahan yang berbeda. Wine yang diresapi kopi adalah wine dengan tambahan minuman dingin. Oleh karena itu, minuman ini kadang disebut minuman dingin wine.

Minuman ini dibuat oleh winemaker atau pembuat anggur dan dijual dalam botol wine. Oleh karena itu, wine rasa kopi dan wine kopi bukanlah hal yang sama.

Sederhananya, coffee-infused wine adalah anggur merah yang dicampur dengan kopi cold brew. Minuman ini rasanya manis dan lembut, dan tidak diciptakan untuk disajikan sebagai pendamping makan malam.

Campuran dan rasa kopi wine dapat dilihat di halaman selanjutnya!

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *