Jakarta

Memasukkan biji rami dalam menu harian Anda dapat membantu menurunkan berat badan dan dapat digunakan sebagai perawatan wajah. Ini adalah jumlah yang direkomendasikan oleh ahli gizi!

Biji rami atau hemp seed merupakan makanan sehat yang berbentuk biji. Sekilas bentuknya seperti biji bunga matahari dengan warna merah kecoklatan.

Sereal jenis ini banyak ditemukan di Amerika. Meski ukurannya sangat kecil, biji rami mempunyai banyak manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Seperti yang sedang viral di TikTok, mengoleskan gel biji rami pada wajah diklaim memiliki manfaat yang sama dengan melakukan Botox. Selain itu, biji rami juga dianjurkan untuk dimasukkan dalam menu sehari-hari oleh para ahli gizi.

Dikutip dari TODAY (22/12/23) ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi dua sendok makan biji rami setiap hari. Takaran tersebut mengandung 4 gram protein, 6 gram karbohidrat, 6 gram serat, 9 gram lemak, 80 miligram magnesium, 6 mg selenium, dan 0,4 miligram.

Biji RamiBiji rami kaya akan lemak tak jenuh ganda omega-3. Foto: iStock

Selain itu, biji rami juga kaya akan lemak tak jenuh omega-3. Menurut penelitian tahun 2019, lemak sehat ini berperan sebagai antioksidan sehingga mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit kardiovaskular dan kanker.

Lebih lanjut, penelitian ini juga menemukan manfaat konsumsi biji rami yang dapat menurunkan berat badan. Kandungan proteinnya yang tinggi akan memberikan rasa kenyang dalam waktu lama.

“Asupan biji rami merupakan bagian dari pola makan sehat. Dapat membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan ukuran pinggang,” ujar peneliti.

Peneliti menyebutkan, biji rami bisa dimasukkan ke dalam beberapa menu makanan dan minuman. Lantas, kapan waktu terbaik mengonsumsi biji rami?

Biji RamiBiji rami Foto: iStock

Menurut peneliti, belum ada penelitian mengenai waktu terbaik mengonsumsi biji rami. Anda bisa memakannya kapan saja. Namun, kebanyakan orang mencampurkan biji rami ke dalam oatmeal dan smoothie untuk sarapan.

Tak ada salahnya mencampurkannya ke dalam salad atau minuman sehat untuk disantap siang hingga malam. Ahli gizi juga menegaskan bahwa biji rami memiliki manfaat kesehatan.

Menanggapi tren TikTok yang menyatakan bahwa biji rami bertindak seperti Botox, ahli gizi membenarkan hal tersebut. Pasalnya, biji rami kaya akan lemak sehat dan vitamin E.

“Kedua nutrisi ini bermanfaat untuk kulit. Namun, daripada menggunakan gel biji rami, lebih baik dikonsumsi langsung,” ujarnya.

Menonton video “Coastal Seafood Menawarkan Beragam Menu Seafood Cita Rasa Nusantara
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *