Jakarta

Durian memiliki banyak keunikan mulai dari aroma, rasa, jenis, hingga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tak heran jika raja buah ini membuat banyak orang tergila-gila.

Durian merupakan salah satu jenis buah tropis, karena tumbuh di daerah beriklim panas dan lembab. Misalnya di Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Dan setiap negara mempunyai jenis durian yang berbeda-beda. Termasuk di Indonesia yang setiap daerahnya mempunyai keunikan durian masing-masing.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dikutip dari Foodie (23/21/23) durian diyakini berasal dari pulau pegunungan tropis Kalimantan dan Sumatera di Filipina bagian selatan. Dari 29 jenis pohon durian yang ditemukan, hanya sebagian kecil yang menghasilkan buah yang bisa dimakan.

1. Memiliki tipe yang berbeda-beda

durian premiumDurian mempunyai banyak jenis. Foto: iStock

Namun kelompok jenis pohon ini telah dibelah dan dikawinkan hingga menghasilkan ratusan varietas durian. Tentunya masing-masing memiliki rasa dan tekstur yang berbeda.

Semakin enak rasanya, semakin mahal pula harganya. Seperti varian Mao Shan Wang dari Malaysia yang terkenal dengan rasanya yang kuat, namun teksturnya kompleks dan lembut.

Lalu ada varietas D24 atau disebut juga durian Sultan. Durian ini memiliki rasa pahit dan manis yang seimbang. Biasanya durian ini diolah menjadi campuran es krim dan kue.

Indonesia tidak kalah dalam hal kualitas duriannya. Ada durian Bawor, tembaga super hingga kotoran babi atau durian cumasi yang harganya bisa mencapai Rp 1.500.000 per buah.

2. Rasa durian yang unik

Peringatan! 5 Efek Samping Ini Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan DurianDurian Foto: Getty Images/nanthm

Penjelajah dunia Alfred Russel Wallace mengatakan durian memiliki rasa yang unik. Rasa unik durian dipublikasikan di Hooker's Journal of Botany Kew Garden Miscellany pada tahun 1856.

Ada tertulis rasa durian penuh misteri. Rasanya seperti puding yang kaya dan sangat beraroma. Aromanya terkadang mengandung aroma krim keju, saus bawang, dan anggur sherry.

Teksturnya yang halus berbeda dan tidak seperti buah lainnya. “Tidak asam, tidak manis, tidak enak, tapi ini sempurna,” tulis caption tersebut.

Menonton video “Cobalah Pancake Koin 10 Yen Langsung di Jepang
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *