Jakarta

Yogyakarta menjadi destinasi wisata liburan akhir tahun favorit. Jika ingin mencari beragam kuliner tradisional, cobalah mampir ke Pasar Ngasem.

Selain Bandung dan Bali, Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, apalagi saat liburan akhir tahun seperti sekarang. Banyak orang yang memilih berlibur ke Yogyakarta karena banyak kuliner enak yang patut dicoba di sana.

Salah satunya di Pasar Ngasem di Patehan, Kecamatan Kraton Yogyakarta. Pasar Ngasem masuk dalam daftar pasar tradisional tertua di Yogyakarta. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1809 dan masih bertahan hingga saat ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sebelumnya pasar ini terkenal menyediakan hewan peliharaan khususnya burung di Yogyakarta. Kini Pasar Ngasem juga dipenuhi dengan beragam kuliner dan jajanan tradisional yang lezat.

Berikut lima kuliner rekomendasi di Pasar Ngasem Yogyakarta.

1. Kebaikan Ibu Wanti

Bisa Santap Makanan di Pasar Ngasem Yogyakarta, Ini Rekomendasinya!Bisa Santap Makanan di Pasar Ngasem Yogyakarta, Ini Rekomendasinya! Foto: Visual/Instagram/Halaman

Carabikang Bu Wanti merupakan salah satu penjual makanan yang banyak dicari pengunjung saat berada di Pasar Ngasem. Carabikang merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan rasa yang manis.

Carabikang merupakan jajanan pasar yang biasa dinikmati dengan secangkir teh atau kopi. Khusus di Bu Wanti, carabikang masih dibuat secara tradisional dan dadakan. Alhasil kue ini tetap hangat saat ada yang membelinya.

Harga karabikang di Bu Wanti juga cukup masuk akal, satu buahnya berharga Rp 2.000. Kue ini sangat cocok menjadi teman camilan saat berjalan-jalan di Pasar Ngasem.

2. Restoran Bu Sirep

Bisa Santap Makanan di Pasar Ngasem Yogyakarta, Ini Rekomendasinya!Bisa Santap Makanan di Pasar Ngasem Yogyakarta, Ini Rekomendasinya! Foto: Visual/Instagram/Halaman

Jika Anda lapar dan ingin menyantap makanan berat, Anda bisa mampir ke Warung Makan Bu Sirep yang terletak di dalam Pasar Ngasem. Warung makan ini menyajikan aneka masakan rumahan dengan masakan Jawa Tengah.

Ada puluhan lauk pauk yang tersedia di sini setiap harinya dengan berbagai pilihan. Mulai dari aneka sayur tumis seperti labu kuning, kangkung, hingga semangka. Lalu ada beragam menu ikan mulai dari ikan goreng, ikan bakar, hingga ikan kuah.

Menu lain seperti tumis tempe, loeh sayur, dan tempe goreng juga enak banget disini. Warung makan ini buka mulai pukul 05.30 sehingga menjadi tempat sarapan favorit di Pasar Ngasem. Kisaran harga nasi rames di sini sekitar Rp 15.000.

3. Warung Makan Yu Ngademi

Bisa Santap Makanan di Pasar Ngasem Yogyakarta, Ini Rekomendasinya!Bisa Santap Makanan di Pasar Ngasem Yogyakarta, Ini Rekomendasinya! Foto: Visual/Instagram/Halaman

Di Pasar Ngasem terdapat lebih dari delapan warung makan yang menjual puluhan masakan rumahan setiap harinya. Selain Restoran Bu Sirep, ada juga Restoran Yu Ngademi yang tak kalah populer di Pasar Ngasem.

Warung makan ini berdiri sejak tahun 1983, buka dari jam 7 pagi dengan menu utama tumis jahe dan bobor kelor. Untuk menu oseng genjer, pengunjung perlu datang lebih awal karena menunya ludes hanya dalam beberapa menit.

Selain oseng genjer, menu lain seperti brongkos, bubur krecek, bobor moringa, dan gudeg juga menjadi hidangan utama di sini. Kisaran harga sekitar Rp 15.000 per orang.

Tonton video 'Mitos atau Fakta: Sayuran kehilangan nutrisinya saat dipanaskan':

[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *