Jakarta

Pecinta jajanan pasar wajib mampir ke Simanis Jajanan. Menu lengkapnya antara lain serabi dengan saus kinca dan pastel saus kacang yang patut dicoba!

Menikmati jajanan pasar atau jajanan tradisional tidak selalu bisa dilakukan di toko kue kecil atau toko roti biasa. Jika ingin sesuatu yang istimewa dengan nuansa lebih nyaman, cobalah mampir ke kafe di kawasan Senopati ini.

Namanya Jajan Simanis yang baru membuka cabangnya pada awal November 2023. Sebelumnya Jajan Simanis berada di Wijaya tepatnya di lantai 2 salon Itjeher. Namun kini sudah tidak beroperasi lagi di sana.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Lokasi barunya berada di Jalan Rajasa III, di tengah kawasan perumahan elit dekat pusat kuliner Senopati. Simanis Jajanan menempati rumah kolonial yang seolah membawa kita ke rumah nenek.

Informasi Lengkap tentang Makanan Ringan Simanis
Nama Restoran Makanan Ringan Simanis
Alamat Jl. Rajasa III No. 14, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Instagram camilan manis
Jam operasional 09:00 – 19:00
Perkiraan harga Mulai dari Rp 18.000 untuk jajanan pasar
Jenis Masakan Jajanan pasar dan makanan tradisional indonesia
Kenyamanan
  • Ruang makan indoor dengan konsep vintage dan estetik
  • Parkir valet

Interior vintage estetis yang membuat Anda serasa di rumah sendiri

Simanis Jajanan: Minuman Cantik dengan Jajanan Pasar di Vintage CafeSalah satu tempat makan yang nyaman di Jajan Simanis. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Begitu masuk ke dalam, efek 'jadul' seolah menjelma menjadi konsep vintage yang estetik. Jendela besar rumah dicat putih, lalu diberi tirai renda yang juga memberi efek romantis.

Sedangkan lantai kayu berwarna coklat memberikan kesan hangat. Di beberapa tempat, lantainya juga dilapisi karpet bermotif Timur Tengah.

Uniknya Jajan Simanis menghadirkan beberapa ruang makan dengan sentuhan interior berbeda-beda, namun tetap mengusung satu tema klasik vintage yang memberikan efek homey. Jadi Anda bisa memilih tempat makannya.

Jika ingin lebih private, di dalamnya terdapat area layaknya ruang makan keluarga. Dominasi warna pink dan putih sangat kuat. Jangan lupa sertakan perhiasan vintage.

Jika ingin memesan bisa langsung menuju area kasir. Dijamin bakalan menggila karena banyak pilihan jajanan pasar. Stok yang tersedia ditampilkan dalam etalase kaca, beserta informasi harga.

Terdapat tempat untuk mencampur minuman di dekat kasir. Konsepnya seperti bar terbuka sehingga pengunjung bisa melihat barista beraksi.

Jajanan pasar premium mulai dari Rp 18 ribu

Simanis Jajanan: Minuman Cantik dengan Jajanan Pasar di Vintage CafeAneka jajanan pasar tersedia di etalase kaca. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Mengintip etalase kaca, saat mampir sore (20/12/2023), kita melihat Panada Sambal Dabu-dabu, Arem-arem Daging Spesial, Dadar Telur, Pucuk Loenpia, Lemper Ayam dan berbagai macam donat. Ada juga Pie Susu, Ketan Serundeng, Risol Mayo, Lupis Ketan, Serabi Kuah Kinca, Klepon Ubi, dan Cheese Puff.

Harga jajanan pasar ini mulai dari Rp 18 ribu per potong. Beberapa berisi satu atau dua per bagian. Paling mahal sekitar Rp 38 ribu.

Anda juga bisa membeli jajanan pasar sebagai hamper. Jajan Simanis menawarkan pilihan paket keranjang dan klakat dengan isian pilihan Anda.

Selain jajanan pasar, Jajan Simanis juga menyediakan makanan tradisional. Pilihannya antara lain Mee Ayam Lengkap, Ketupat Sayur Padang, Nasi Ayam Betutu, dan Nasi Ayam Madura.

Tambahkan ke klepon ubi

Simanis Jajanan: Minuman Cantik dengan Jajanan Pasar di Vintage CafeSiram dengan saus kinca yang lembut dan ringan. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

detikfood mencicipi Serabi Kuah Kinca (Rp 37 ribu) yang menjadi salah satu favorit di sini. Dua buah pancake berdiameter 8 cm disajikan hangat dalam mangkuk bunga cantik.

Satu pancake rasa original dan satu lagi rasa pandan. Di sampingnya, tambahkan saus kinca. Untuk menikmatinya, Anda bisa merasakan sensasi menuangkan kuah kinca buatan Anda sendiri.

Tekstur serabi yang terbuat dari tepung beras dan kelapa ini lembut dan sedikit kenyal. Tanpa kuah kinca, sudah ada rasa gurih dari santannya. Begitu ditambahkan kuah kinca, serabinya menjadi sangat manis. Untuk varian original dan pandan rasanya tidak jauh berbeda.

Kami juga mencoba Klepon Ubi (Rp 18 ribu) yang juga direkomendasikan oleh karyawan Jajan Simanis. Klepone ini kecil. Bagian luarnya banyak ditaburi kelapa parut.

Simanis Jajanan: Minuman Cantik dengan Jajanan Pasar di Vintage CafePangsit ubi jalar keluar dari mulut Anda saat Anda menggigitnya. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Kulit kleponnya cukup padat dengan tekstur yang kenyal. Rasanya lebih legit dibandingkan kulit klepon biasa, mungkin karena mengandung ubi.

Sekali digigit, rasa nikmat ‘muncrat’ muncul di mulut. Isian kleponnya merupakan campuran gula merah yang memiliki warna hijau tua seperti matcha. Namun rasanya tetap seperti gula merah biasa.

Di Jajan Simanis juga ada kopi pastel dan mangga. Baca halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *