Jakarta

Peradangan atau peradangan bisa mengganggu pola makan. Untuk menghindarinya, cobalah 7 camilan diet anti inflamasi yang direkomendasikan ahli gizi berikut ini.

Ke Makan Ini, Bukan Itu! (10/1/2024), ahli gizi Destini Moody mengatakan, saat berdiet, penting untuk mengonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan tersebut bersifat anti inflamasi sehingga berat badan bisa turun lebih cepat.

Kondisi peradangan sebaiknya dihindari karena mempersulit proses penurunan berat badan. Peradangan juga dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan radang sendi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Jika Anda sedang diet dan ingin memilih camilan sehat, cobalah 7 camilan anti inflamasi ini secara rutin:

1. Rumput laut

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health, kandungan asam lemak pada rumput laut membantu mengurangi peradangan. Karena rumput laut mengandung vitamin A, C dan E.

Rumput laut juga tergolong rendah kalori dengan kandungan 20-25 kkal per porsi. Produk makanan ringan rumput laut kini banyak dijual di pasaran. Pastikan Anda memilih yang tidak mengandung tambahan perasa agar lebih sehat.

2. Jagung Berondong

Cara Membuat PopcornFoto: Getty Images/iStockphoto

Kabar baik bagi penggemar popcorn karena camilan favoritnya rendah kalori dan gandum utuh sangat bagus untuk melawan peradangan. Agar manfaatnya maksimal, popcorn bisa dibumbui dengan kunyit atau bubuk cabai.

Pilih popcorn yang hanya mengandung sedikit garam dan tanpa tambahan mentega, pewarna atau perasa buatan untuk menghindari peradangan. Satu cangkir popcorn biasanya mengandung tidak lebih dari 30 kalori sehingga bermanfaat untuk diet.

3. Wortel kecil

Jika ingin camilan sehat yang renyah dan segar, Anda bisa memilih baby wortel. Warna oranye berasal dari kandungan beta-karoten, antioksidan yang berjuang mengurangi peradangan.

Moody mengatakan beta karoten juga meningkatkan kesehatan penglihatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengkonsumsinya tidak akan menambah asupan kalori karena 1 cangkir hanya mengandung 50 kalori.

4. Cokelat hitam

Latar belakang coklat. Banyak keping coklat, permen, kue kering, kue dan manisan lainnya. Coklat susu dan coklat hitam. permen kelapaFoto: iStock

Bila ingin camilan manis, Anda bisa memilih dark chocolate. Cokelat ini kaya akan antioksidan polifenol yang memiliki sifat anti inflamasi. Pilihan terbaik adalah coklat dengan kandungan kakao minimal 60%.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Food Science, coklat hitam juga mengandung flavonoid yang melawan peradangan sekaligus membantu penurunan berat badan yang sehat.

Lebih jelasnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *