Jakarta

Seblak memiliki tampilan yang kenyal seperti mie tek-tek, namun rasanya sangat berbeda. Bahan utama dan bumbu yang digunakan juga sangat unik.

Seblak merupakan jajanan khas Jawa Barat yang berasal dari Garut. Jajanan populer di Bandung ini sudah menyebar ke kota-kota lain di Indonesia. Bahan utama pembuatan seblak adalah kerupuk dengan tambahan bumbu kencur dan cabai.

Jajanan populer ini memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari bahan utama, bumbu, hingga topping yang ditambahkan. Rasanya juga harus pedas dengan sensasi kesemutan yang kuat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut 4 ciri khas seblak yang enak:

1. Gunakan Kerupuk Jeruk

Seblak Khusus Jawa BaratSeblak Istimewa Jabar Foto: Getty Images/iStockphoto

Meski kuahnya terlihat kental dan lengket, bahan utama seblaknya bukanlah mie, melainkan kerupuk lekor. Kerupuk yang dimaksud juga tidak digoreng garing, melainkan direbus hingga teksturnya empuk.

Kerupuk yang umum digunakan adalah kerupuk jeruk. Kerupuk jenis ini mudah didapat sebagai pelengkap berbagai masakan, seperti gado-gado, ketoprak, bubur ayam, dan lain-lain.

Beberapa penjual seblak juga sering menggunakan kerupuk jenis lain. Diantaranya kerupuk warna-warni, kerupuk mawar dan lain-lain.

2. Bumbu seblak

Kencur atau cikur dalam bahasa Sunda merupakan bumbu utama pada beberapa masakan khas Jawa Barat. Tak heran jika seblak juga menggunakan bumbu kencur.

Selain kencur, bumbu halus juga ditambah dengan bawang merah dan bawang putih. Bumbu ini mempunyai aroma yang tajam dan aroma khas kencur yang harum.

Menonton video “Bikin Lapar: Tendangan Pedas Petasan yang Bikin Ketagihan
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *