Jakarta

Durian lokal Indonesia tak kalah lezatnya dengan durian Thailand. Beberapa daerah di Indonesia ternyata mempunyai dunia rasa dan aroma yang unik dan nikmat.

Durian merupakan buah eksotik yang banyak ditemukan di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Kualitas dan jenis durian lokal tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan durian asal Malaysia, Thailand dan negara lainnya.

Isinya yang kental, teksturnya yang lengket, rasanya yang manis, dan aromanya yang harum menjadi alasan mengapa durian Tanah Air banyak digandrungi pecintanya. Dari sekian banyak jenis durian yang tumbuh di Indonesia, ada beberapa yang diakui paling populer.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Baca juga: Slurrp! 5 Bakso Pipih dengan Kuah Segar Segar Ada di Sini

Berikut 5 jenis durian lokal populer yang dipetik dari beberapa sumber:

Durian Bulan Kota BogorDurian Monthong berasal dari biji introduksi dari Thailand yang ditanam di Indonesia. Foto: dok.detikFood

1. Durian bulanan

Durian Monthong merupakan jenis durian lokal yang paling populer dan banyak dicari. Durian Monthong tidak hanya ditanam di satu daerah saja, namun beberapa daerah juga mempunyai produksi durian Monthong sendiri.

Trubus mengatakan, benih durian Monthong yang banyak tumbuh di Indonesia menggantikan benih introduksi dari Thailand. Kini pengembangan durian Monthong di Indonesia dilakukan dengan sangat baik sehingga berhasil menghadirkan ragam durian Monthong yang unik.

Daging durian ini berwarna kuning. Rasanya manis, teksturnya halus, dagingnya tebal namun agak kering dibandingkan durian lainnya.

2. Ladang durian

Berbeda dengan durian Monthong, durian Medan memiliki karakter yang lebih unik. Daging buahnya tidak berwarna kuning cerah melainkan kuning kehijauan.

Di Medan sendiri ada beberapa jenis durian yang ditanam, hanya jenis durian Bintana yang paling unggul disana. Keistimewaan Durian Medan adalah memiliki kombinasi rasa manis dengan sisa rasa yang sedikit pahit.

Ukuran durian Medan sendiri tidak terlalu besar. Uniknya durian, menurut para petani, jarang sekali mereka menemukan buah yang busuk.

Varietas durian lokal lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Nikmati Durian Langsung dari Kebun 14 Hektar di Depok
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *