Jakarta

Baru-baru ini muncul sebuah video yang memperlihatkan seorang pekerja restoran buang air kecil di saluran pembuangan restoran. Akibat video tersebut viral, restoran tersebut terpaksa tutup selama 14 hari.

Banyak kejadian tak terduga terjadi di restoran tersebut. Terkadang masalah muncul karena tindakan pengunjung restoran atau karena perselisihan pendapat antara pengunjung restoran dan pekerja restoran.

Namun tidak menutup kemungkinan permasalahan juga bisa muncul akibat ulah para karyawan di restoran itu sendiri. Misalnya kasus yang terjadi baru-baru ini di restoran ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Restoran di Jalan Hang Tuah Melaka, Malaysia itu menjadi perbincangan akibat ulah salah satu karyawannya.

Dalam unggahan video berdurasi 21 detik tersebut, terekam seorang pekerja restoran diduga buang air kecil di selokan Jalan Hang Tuah, dekat restoran. Video tersebut menjadi viral dan mempengaruhi jam operasional restoran yang tidak disebutkan namanya.

Pemilik restoran membenarkan bahwa karyawannya buang air kecil di dekat saluran pembuangan restoran karena masalah air di kontrakan sebelah. Pekerja tersebut harus menggunakan fasilitas alternatif karena kekurangan air di toilet restoran, lapor thesundaily.my (04/02).

RestoranIlustrasi sebuah restoran yang tutup sementara karena ada karyawannya yang ketahuan buang air kecil di selokan dekat restoran. Foto: Getty Images/mgstudio

Akibatnya, restoran tersebut ditutup sementara. Dorothy Dayang Henry Sum, Wakil Direktur Departemen Kesehatan Melaka melaporkan, keputusan penutupan sementara restoran tersebut diambil setelah dilakukan pemeriksaan.

Dari pemeriksaan ditemukan kebersihan restoran kurang memuaskan. Berdasarkan Pasal 14 undang-undang tahun 1983, pihak berwenang mengeluarkan perintah penutupan selama 14 hari.

Pihak berwenang juga mengenakan denda sebesar RM 1.500 (Rp 4,9 juta) untuk menangani masalah kebersihan pekerja.

Penutupan sementara ini bukan kali pertama dilakukan restoran ini. Rupanya, mereka juga menghadapi dua penutupan pada tahun 2022 karena masalah kebersihan. Nampaknya hingga saat ini restoran tersebut masih tutup sementara.

Kritis! Pekerja kantin ini kedapatan buang air kecil di mesin pencuci piringSuatu ketika seorang pekerja kantin ketahuan sedang buang air kecil di mesin pencuci piring. Foto: Menginjak

Kejadian serupa juga terjadi di Cantine Medan Selera Singapura, tepatnya di kios Cantine by Kopitiam. Kios tersebut juga ditutup sementara karena ada pegawainya yang ketahuan buang air kecil di wastafel dapur.

Hal ini dilaporkan oleh seorang warganet bernama Hisham yang menyaksikan sendiri aksi kotor petugas tersebut. Awalnya Hisyam sedang membeli nasi ayam. Kemudian dia melihat petugas itu buang air kecil di bak mandi.

Kemudian Hisyam langsung menegur pekerja tersebut dengan nada emosional. Pasalnya, pekerja ini buang air kecil di wastafel alat makan, bukan di kamar mandi.

Menonton video “Latte Art yang seru dengan nuansa Ghibli di O'delice Cafe
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *