Jakarta

Banyak yang bilang pizza berasal dari Italia. Namun masih ada sebagian yang memperdebatkan asal muasal pizza yang kini mendunia. Jadi dari mana asal pizza?

Pizza merupakan salah satu jenis adonan roti dengan berbagai macam topping yang disukai banyak orang. Namun lezatnya pizza kerap menimbulkan perdebatan, mulai dari topping hingga asal usulnya.

Banyak yang percaya bahwa pizza berasal dari Italia. Namun tidak banyak orang yang mengaku bahwa negaranya juga memiliki pizza yang memiliki ciri khas tersendiri.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Menurut Reader's Digest (14/2) ada dua jenis pizza yang kini terkenal di dunia, yaitu pizza ala Italia dan pizza Amerika. Para peneliti sepakat bahwa pizza sudah ada jauh sebelum orang Italia mengenal hidangan ini sebagai makanan tradisional mereka.

Baca Juga: Keberatan Gunakan Chat GPT, Pria Ini Pernah Berhasil Curi McDonald's

Asal Usul Pizza Masih Menjadi Perdebatan, Benarkah Italia?Para ahli sejarah mengatakan bahwa pizza sebenarnya berasal dari roti pipih yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Foto: Getty Images/iStockphoto/HalimLotos

Para ahli sejarah percaya bahwa pizza berasal dari roti rata atau roti pipih yang banyak disajikan pada zaman dahulu. Beberapa negara seperti Yunani, Rumania, dan Mesir memiliki budaya pembuatan roti pipih yang diturunkan secara turun temurun dari nenek moyangnya.

Pada abad ke-6 M, masyarakat Mesir menambahkan topping pada roti pipih mereka berupa berbagai minyak dan rempah-rempah. Sedangkan orang Persia lebih kreatif dengan memadukan keju dan kurma untuk roti pipihnya.

Tidak ada tanggal atau tahun pasti untuk menentukan kapan pizza tiba di Italia. Jika ditarik benang merah dari kehadiran tomat sebagai saus topping, tomat baru masuk ke Eropa pada tahun 1500-an.

Kemudian disusul dengan hadirnya Pizolas, yaitu nama orang yang membuat pizza di Naples, Italia pada tahun 1700an. Di sinilah para pionir pizza Italia dikenal.

Baca juga: Kopi Dandia: Makan Ayam dan Nasi dengan Tangkap dan Tarik

Asal Usul Pizza Masih Menjadi Perdebatan, Benarkah Italia?Namun keberadaan hidangan pizza di negara lain juga masih menjadi perdebatan. Foto: Getty Images/iStockphoto/HalimLotos

Pada tahun 1910-an, beberapa toko yang menyajikan pizza juga ditemukan di Amerika Serikat. Negara bagian di Semenanjung Barat dan Tengah seperti Omaha, Nebraska, dan Racine disebut-sebut menjadi pintu gerbang popularitas pizza di Amerika Serikat.

Namun sejarawan Amerika mengatakan bahwa pada tahun 1905 ada restoran pizza Amerika pertama yang memiliki izin resmi. Dinamakan Lombardi's, kedai tersebut kala itu hadir di Manhattan, New York City, sayangnya belum ada bukti kuat yang dapat dihadirkan para sejarawan mengenai keaslian restoran pizza pertama di Amerika Serikat tersebut.

Pizza ala Amerika kemudian berkembang setelah produksi pepperoni yang dijalankan oleh keluarga Ezzo dimulai. Sebuah keluarga menjual sosis irisan mirip pepperoni dari Napoli yang dikenal sebagai topping pizza di sana.

Sebuah buku berjudul Modernist Pizza oleh San Panopoulos dari Kanada keturunan Prancis menulis tentang bagaimana Pizza Hawaii yang kontroversial muncul pada tahun 1962. Irisan nanas yang ditambahkan orang Hawaii ke dalam pizza membuat marah orang Italia dan menyebutnya sebagai penghinaan terhadap makanan ilegal.

Menonton video “Bikin Lapar: Atin Laksa Bang Kumis Bewok dengan Santan dan Sambal Kacang Hijau
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *