Jakarta

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat diobati dengan mengatur pola makan. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi 5 ikan lezat ini. Ini daftarnya!

Ikan merupakan sumber protein hewani yang menyehatkan. Konsumsi ikan memiliki banyak manfaat, termasuk mengobati tekanan darah tinggi.

American Heart Association (AHA) juga merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, salah satunya mengenai hipertensi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hipertensi sendiri merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah melebihi 140/90 mmHg. Tekanan darah yang dibiarkan melebihi batas dapat memicu komplikasi penyakit serius seperti stroke, gagal jantung, penyakit ginjal, dll.

Mengonsumsi beberapa jenis ikan dikatakan baik untuk mengatasi hipertensi. Daftar ikan ini termasuk ikan berminyak.

Ikan berminyak sendiri umumnya mengandung lemak tak jenuh atau biasa disebut omega-3. Menurut British Heart Foundation, senyawa lemak sehat ini telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah.

Para ahli dari University of Reading Alister McNeish menemukan bagaimana minyak ikan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Salah satunya disebabkan oleh pori-pori kecil pada dinding pembuluh darah. Saluran pori-pori ini bertanggung jawab untuk membiarkan molekul kecil masuk dan keluar sel.

McNeish percaya bahwa lemak sehat pada ikan berinteraksi dengan saluran ini. Selanjutnya, saluran tersebut terbuka dan memicu pelebaran pembuluh darah.

Berikut beberapa ikan yang bisa menurunkan tekanan darah, rangkum berbagai sumber:

5 Fakta Garis Putih pada Daging SalmonMengandung asam lemak omega-3 yang efektif dalam mengontrol tekanan darah. Foto: iStock

1. Ikan salmon

Bukan rahasia lagi kalau salmon adalah salah satu ikan tersehat di dunia. Penyebabnya adalah tingginya kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon.

Mengutip WebMD, terdapat sekitar 200 kalori dalam 3-4 ons ikan salmon. Ikan salmon juga merupakan salah satu sumber protein terbaik dengan kandungan lemak jenuhnya yang rendah.

Selain itu, ikan salmon juga kaya akan vitamin B12, vitamin D, potasium, dan zat besi.

2. Sarden

Sarden adalah ikan kecil berminyak yang kaya nutrisi. Mengutip Very Well Fit, selain mengandung protein dan lemak sehat, ikan sarden juga merupakan sumber zat besi dan kalsium yang baik.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan kadar merkuri pada ikan sarden. Rendahnya angka tersebut berarti ikan ini tidak memiliki tingkat toksisitas yang tinggi seperti ikan laut lainnya.

3. Ikan tenggiri

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan tenggiri. Mengutip berbagai sumber, ikan ini mengandung 1,3 gram asam lemak omega-3 dalam setiap 100 gramnya.

Selain itu, asupan vitamin B12 juga bisa Anda peroleh dari ikan makarel. Vitamin ini penting untuk pembentukan sel darah merah.

4. Ikan tuna

Sama seperti tiga ikan lainnya di atas, ikan tuna juga baik untuk kesehatan jantung. Salah satu penyebabnya adalah tingginya asam lemak omega-3 pada ikan tuna.

Selain omega-3, mengutip Very Well Fit, ikan tuna juga mengandung nutrisi lain seperti protein serta sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Sandra Dewi Pilih Ikan Makarel untuk Menu Sehari-hari Putranya, Ini Nutrisinya!Makarel murah adalah pilihan yang baik untuk mengobati hipertensi. Foto: Instagram/Halaman Berita

5. Ikan buntal

Ikan tenggiri juga bisa Anda jadikan pilihan ikan yang baik untuk penderita hipertensi.

Mengutip berbagai sumber, setiap 100 gram ikan tenggiri biasanya mengandung 2,6 gram asam lemak omega-3. Jumlah tersebut diklaim lebih tinggi dibandingkan ikan salmon yang hanya memiliki 1,4 gram omega-3 dalam setiap 100 gramnya.

Selain omega-3, ikan kembung juga kaya akan kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul 5 Ikan yang Baik untuk Hipertensi, Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Menonton video “Puaskan diri Anda dengan Pizza Gaya Amerika: Remah Tebal, Banyak Keju
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *