Jakarta

Selain memiliki lokasi wisata yang indah, Kota Bogor terkenal dengan puluhan kuliner legendarisnya. Hidangan yang bertahan ratusan tahun.

Kota Hujan merupakan sebutan terkenal untuk kota Bogor yang memiliki keindahan alam dan destinasi wisata kuliner yang tiada habisnya. Jarak Jakarta, Depok hingga Bekasi yang jauh membuat Kota Bogor selalu ramai pengunjung di akhir pekan.

Tidak sulit mencari tempat makan dan jajanan enak di Bogor. Salah satu kota besar di Jawa Barat ini memadukan tren kuliner modern dengan budaya kuliner tradisional dan Belanda.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ada banyak tempat makan, jajanan bahkan restoran legendaris yang bisa Anda kunjungi di Bogor. Kalaupun ingin menelusuri sejarahnya, beberapa tempat makan legendaris ini sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun.

Bogor merupakan surga kuliner legendaris yang sudah terkenal kelezatannya selama puluhan tahunBogor merupakan surga kuliner legendaris yang sudah terkenal kelezatannya selama puluhan tahun Foto: Berita Laman

Salah satu pusat kuliner legendaris yang populer di Bogor adalah Jalan Suryakencana. Di sepanjang jalan ini banyak terdapat pedagang makanan yang sudah berjualan lebih dari 40-50 tahun.

Misalnya saja restoran di Suryakencana yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Ada Lumpia Basah Gang Aut yang terkenal dan mulai berjualan sejak tahun 1972. Lalu disusul jajanan Jumat Cungkring Pak yang mulai berjualan sejak tahun 1974, serta Soto Kuning Pak M. Yusuf yang terkenal sejak tahun 1977.

Selain Suryakencana, tempat makan legendaris lainnya di Bogor juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah tempat makan Nasi Uduk yang baru-baru ini menjadi viral setelah dikunjungi oleh seorang food vlogger. Nasi Uduk dikenal dengan nama Nasi Uduk Kaum 58 yang didirikan pada tahun 1890 dengan nama Nasi Uduk Ibu Itjoen.

Nasi Uduk Betawi ala Pengacar Bang Dihul paling populer di CiledugNasi Uduk Foto: detikFood

Warung makan ini buka dari pagi hingga malam dengan menyajikan berbagai macam lauk pauk seperti empal gepuk, semur jengkol, pepes oncom hitam, kentang balado dan jantung sapi sebagai pendamping nikmatnya sajian nasi uduk.

Jangan lupa mampir ke rumah makan Nasi Goreng Guan Tjo yang sudah berdiri sejak tahun 1965 ini, konsisten menyajikan nasi goreng ayam atau sapi dengan topping pete yang renyah dan nikmat.

Tak lengkap rasanya membahas kuliner legendaris di Bogor tanpa mencicipi acar khas Bogor yang melegenda seperti Asinan Logina tahun 1978 hingga Asinan Ahawu Gang Aut yang dijual sejak tahun 1968.

Asinan Ahauw, BogorAsinan Ahauw, Bogor Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Pada ulasan pekan ini detikFood akan membahas rekomendasi destinasi wisata kuliner legendaris di Bogor. Mulai dari tempat makan ayam goreng enak di Bogor, lalu mencoba soto mie Bogor yang sudah berusia satu dekade hingga rekomendasi kedai es jadul yang sudah berdiri sejak lama.

Untuk itu, pantau terus semua artikel menarik seputar kuliner legendaris Bogor hanya di detikFood!

Menonton video “Bikin Lapar: Ada Sate Kambing dengan Mozzarella di Bogor
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *