Jakarta

Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan makanan padat nutrisi. Namun, Anda perlu memperhatikan cara mengonsumsinya agar nutrisinya terserap maksimal. Ibarat tidak mengupas 5 buah dan sayur ini.

Buah dan sayur merupakan makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin karena mengandung banyak nutrisi penting. Mulai dari vitamin, mineral, hingga antioksidan.

Namun, Anda perlu memperhatikan cara mengonsumsi dan mengolahnya agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Salah satunya dengan memperhatikan apakah buah dan sayur perlu dikupas atau tidak sebelum diolah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pasalnya, beberapa buah dan sayur lebih sehat jika kulitnya dihilangkan. Menurut beberapa ahli, beberapa buah dan sayur memiliki konsentrasi nutrisi atau manfaat lain yang tinggi pada kulit luarnya.

Mengupas dapat menghilangkan nutrisi penting dan serat yang terkandung dalam buah dan sayuran tersebut. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi buah dan sayuran tersebut, sebaiknya jangan dikupas.

Melansir Times of India (19/02), berikut daftar 5 buah dan sayur yang tidak perlu dikupas:

1. Terong

Terong ungu dari pasaranTerong paling enak dimakan dengan kulitnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/nuttakit

Terong kaya akan antioksidan, salah satunya adalah nasunin, zat yang melindungi kesehatan otak. Selain itu, kulit terong juga kaya akan asam klorogenat, suatu fitokimia yang kaya akan antioksidan dan sifat anti inflamasi.

Oleh karena itu, lebih baik memasak terong tanpa mengupas kulitnya. Memasak terong dengan kulitnya memberikan rasa dan tekstur yang lezat.

2. Banding

Tipe kepribadian berdasarkan apel, pisang, dan nanas.Mengonsumsi apel akan lebih bergizi jika dimakan bersama kulitnya. Foto: iStock

Apel merupakan buah yang padat nutrisi, mulai dari tinggi serat hingga tanin. Serat pada apel diketahui dapat mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh, yang kemudian akan dibuang.

Sedangkan tanin biasanya digunakan untuk membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan dan penyakit gigi.

Apel juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Namun nutrisi tersebut paling banyak terdapat pada kulit apel. Jadi, apel lebih sehat dimakan bersama kulitnya.

Daftar makanan lain yang tidak boleh dikupas bisa dilihat di halaman berikutnya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *