Jakarta

Kopi dikenal sebagai minuman yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Ternyata rutin minum kopi di pagi hari bisa mencegah demensia dan melancarkan pencernaan.

Kopi merupakan minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air. Kebanyakan orang terbiasa meminum kopi di pagi hari untuk membuat tubuh lebih berenergi dan membuat orang lebih fokus. Jika dikonsumsi sesuai anjuran, kopi memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Juga dapat mencegah beberapa penyakit seperti penyakit jantung, mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan meningkatkan mood serta mengurangi depresi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sarapan merupakan waktu makan yang penting, perut perlu diisi dengan makanan sebelum memulai aktivitas. Sarapan pagi ditemani secangkir kopi bisa memberikan banyak manfaat. apa pun?

Dilansir dari berbagai sumber (28/02), berikut manfaat yang bisa didapat jika menjadikan kopi sebagai teman sarapan.

1. Mengurangi stres

Minum kopi di pagi hari berdampak buruk bagi kesehatan Anda, kata para penelitikopi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Suwanmanee99

Kopi kaya akan antioksidan yang memperkuat sel-sel dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kopi juga membantu mengurangi stres, bahkan perannya sebanding dengan obat anti stres. Jadi minum kopi di pagi hari bisa membuat pikiran lebih rileks. Menariknya, kopi hijau lebih kaya antioksidan dan lebih baik untuk membakar lemak.

2. Mencegah penyakit liver

Banyak penelitian telah dilakukan mengenai efek kopi terhadap kesehatan hati dan hasilnya selalu membawa kabar baik. Kopi tidak hanya dapat merawat sel-sel hati tetapi juga dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh hati.

Penyakit liver yang bisa diobati dengan kopi antara lain sirosis atau perlemakan hati. Namun kendalikan jumlah pemakaiannya dalam sehari. Sebab jika meminum kopi terlalu banyak justru bisa berdampak buruk.

3. Meningkatkan Kekuatan Fokus

Minum kopi hitam di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badanKopi. Foto: Ilustrasi iStock

Kafein yang diminum di pagi hari dapat membangunkan sel-sel otak untuk lebih fokus. Kopi mengandung bahan yang efektif mengurangi sakit kepala. Daripada minum obat, lebih baik minum secangkir kopi.

Kopi juga merupakan stimulan sistem saraf pusat. Asupan harian yang disarankan adalah dua cangkir kopi. Mengonsumsinya pada pagi dan sore hari sudah cukup untuk membuat Anda tetap fokus sepanjang hari. Ingat, dua cangkir bukanlah dua cangkir.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *