Jakarta

Street food sudah menjadi budaya kuliner yang tidak bisa dipisahkan dari suatu negara. Berikut 7 street food dari berbagai negara yang patut Anda coba setidaknya sekali dalam hidup Anda.

Makanan jalanan ditawarkan di trotoar dengan harga pantas. Tak jarang para pedagang berkumpul di satu kawasan sehingga menjadikan tempat tersebut populer sebagai kawasan jajanan kaki lima.

Jenis makanan yang ditawarkan beragam dan seringkali mencerminkan budaya kuliner lokal suatu negara. Tak heran jika street food menjadi incaran utama para pecinta kuliner ketika berkunjung ke suatu negara.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mereka merasa bahwa menikmati jajanan pinggir jalan berarti mencoba makanan favorit penduduk setempat. Dari berbagai jenis jajanan pinggir jalan di berbagai negara, Daftar terbalik (15/2/2024) merangkum apa saja yang patut untuk dicoba.

Berikut daftar 7:

7. Bungeo-ppang (Korea Selatan)

BTS Nongkrong Bareng Sambil Makan BungeoppangFoto: Instagram BTS

Dari Korea Selatan ada bungeo-ppang atau sering disebut fish cake. Pasalnya, bentuknya seperti ikan. Bungeo-ppang terbuat dari adonan kue mirip wafel yang diisi dengan pasta kacang azuki merah tradisional.

Namun selain itu, bungeo-ppang juga bisa diisi dengan isian manis dan gurih lainnya, mulai dari custard, coklat, sosis, hingga bacon. Bungeo-ppang sangat populer saat musim dingin. Kreasinya juga mirip dengan gukhwampang dan gyeranppanng. Gukhwapang adalah versi Bungeoppang yang berbentuk bunga. Sedangkan gyeranppanng berisi telur dan berbentuk bulat seperti muffin.

6. Pani ca Meusa (Palermo, Italia)

7 Street Food Berbagai Negara yang Patut Dicoba, Termasuk Acar!Foto: Getty Images/iStockphoto/Paolo Paradiso

Street food selanjutnya adalah Pani ca Meusa yang berasal dari Palermo, Italia. Berupa sandwich berisi paru-paru dan limpa anak sapi yang dimasak perlahan. Untuk menyelesaikannya, sedikit garam dan perasan jus lemon.

Konon Pani ca Meusa menghadirkan ledakan rasa nikmat di mulut. Teksturnya yang kaya dan rasanya yang tajam membuat siapapun yang mencobanya ketagihan.

5. Poutine (Kanada)

Poutine klasik Perancis Kanada dengan kentang goreng, saus, dan dadih keju di atas meja pedesaan.Foto: iStock

Saat Anda pergi ke Kanada, Anda bisa melihat banyak pedagang kaki lima yang menawarkan poutine. Menunya terbuat dari kentang goreng renyah yang ditaburi kuah kental dan keju yang bikin nikmat!

Jika Anda ingin mencoba poutine asli, mampirlah ke Quebec. Ada juga banyak versi poutine yang tersedia di sini. Bagi yang sudah mencobanya, poutine dikatakan layak untuk dicicipi karena menghadirkan simfoni rasa dan tekstur yang pas di lidah.

4. Asinan (Indonesia)

Acar legendaris di Bogor, Jawa BaratFoto: Instagram

Indonesia adalah surganya pecinta kuliner jalanan. Dari sekian banyak jajanan kaki lima yang tersedia, Asinan dinilai Listverse layak untuk dicoba.

Asinan berisi aneka buah-buahan tropis yang diberi kuah asam yang terbuat dari cuka. Rasanya asam dan manis di saat bersamaan. Biasanya juga ditambah dengan kacang tanah. Selain versi buah-buahan, ada juga asinan sayur yang bisa Anda coba.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *