Jakarta

Pertanyaan wanita ini apakah ayam perlu dicuci atau tidak sebelum dimasak memicu perdebatan. Ada yang menganggap hal ini perlu, namun ada pula yang menganggapnya tidak perlu karena alasan ini.

Perlu perhatian khusus jika ingin memasak dengan bahan segar seperti daging, ayam, dan seafood. Jika bahan-bahan seperti ini tidak diolah dengan baik, dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Salah satu persoalan yang sering menjadi perdebatan adalah apakah ayam harus dicuci atau tidak sebelum dimasak?

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Baru-baru ini, isu tersebut kembali menjadi pusat perhatian setelah seorang wanita bertanya bagaimana kebanyakan orang menyiapkan ayamnya sebelum dimasak. Ia bingung karena sebelumnya pernah melihat seorang TikToker dikritik setelah membagikan video tidak membersihkan ayam sebelum dimasak.

Dalam postingan di halaman Facebook Slow Cooker Recipes & Tips, wanita tersebut mengungkapkan, “Saya menelusuri TikkTok tadi malam dan seorang wanita memasak ayam dan tidak mencucinya terlebih dahulu.”

“Sekarang di Inggris sudah menjadi rahasia umum bahwa mencuci ayam adalah pemborosan karena bakterinya tumpah dan memasak ayam bisa menghilangkan bakteri dan salmonella,” jelasnya.

Usai unggahan tersebut, kolom komentar unggahan Faceook pun ramai diperdebatkan. Ada pula yang mengkritik wanita ini karena tidak membersihkan ayamnya terlebih dahulu sebelum memakannya.

Jangan Pernah Cuci Ayam Sebelum Dimasak, Wanita Ini Jadi SorotanBanyak orang memperdebatkan perlu atau tidaknya mencuci ayam sebelum dimasak. Foto: Getty Images

Pertanyaannya juga memecah belah. Seorang netizen mengungkapkan bahwa dia tidak pernah mencuci daging atau ayam apa pun seumur hidupnya.

Netizen ini menambahkan, ia tidak pernah sakit meski tidak pernah mencuci daging atau ayam sebelum dimasak.

Pendapat serupa juga disampaikan netizen lainnya. Menurut warganet ini, ayam tidak perlu dicuci. Pasalnya, proses memasak akan membunuh bakteri apa pun. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum menyentuh ayam.

Seorang koki juga melalui bagian komentar untuk membagikan pendapatnya. Menurut juru masak ini, mereka hanya menyeka ayam dengan handuk dapur. Masak saja.

Banyak orang juga yang menganggap mencuci ayam adalah hal yang banyak dilakukan orang Amerika. Namun salah satu netizen menjawab bahwa di Amerika Serikat bagian Selatan, mencuci ayam bukanlah kebiasaan yang mereka lakukan.

Seorang wanita yang tidak diketahui identitasnya juga menjelaskan alasannya mencuci ayam tersebut. Menurutnya, ayam tersebut dicucinya untuk menghilangkan lendir dan bulu yang masih menempel.

Di Inggris, Badan Standar Makanan telah memperingatkan masyarakat untuk tidak mencuci daging mentah karena dapat memicu penyebaran bakteri.

Tips Memasak Sup Kacang Ayam Segar dan Hangat dari Chef EddrianMenurut banyak orang, memasak ayam tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Dilansir dari Fox News, para profesional kesehatan dan keselamatan juga menyarankan untuk tidak mencuci ayam sebelum dimasak. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang.

Banyak orang mungkin mengira mencuci ayam bisa menghilangkan bakteri. Faktanya, bakteri tidak bisa dihilangkan hanya dengan mencuci saja.

Menurut USDA, satu-satunya cara untuk menghilangkan bakteri pada ayam mentah adalah dengan memasaknya pada suhu yang tepat. Ayam dimasak setidaknya pada suhu 74 derajat Celcius, Halodoc melaporkan.

Menonton video “Makan Ayam Goreng Warung Doyong, Enakkah?
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *