Jakarta

Penting untuk menjaga kadar gula darah agar tubuh tetap sehat. Ngemil sebelum tidur konon bisa mencegah lonjakan gula darah. Apakah itu benar? Inilah yang dikatakan para ahli.

Penderita diabetes harus menjaga pola makannya setiap hari agar kadar gula darahnya tidak naik. Beberapa pembatasan makanan dan minuman yang terlalu manis harus dipatuhi.

Laporan dari Cermin (25/2), untuk menghindari lonjakan gula darah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi camilan sebelum tidur. Ngemil pastinya bukan soal makan sembarangan, tapi harus menyehatkan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Lapar di tengah malam? Inilah 7 Cemilan Sehat yang Tidak Bikin Gemukcamilan sehat Foto: Getty Images/Rouzes

Camilan manis sebaiknya dihindari pada malam hari. Abbas Kanani, seorang apoteker, menjelaskan sebaiknya beralih ke camilan sehat, seperti kacang-kacangan dan buah beri.

“Jika ingin ngemil sebelum tidur, tetap perlu mengonsumsi makanan sehat dan menjauhi makanan apa pun yang menyebabkan lonjakan gula darah. Bisa ngemil kacang-kacangan, beri, wortel, atau biskuit gandum,” jelas Kanani.

“Sebaiknya juga menghindari minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman manis lainnya,” lanjutnya.

Camilan yang disebutkan Kanani memiliki kesamaan yaitu merupakan sumber serat makanan yang baik. Serat merupakan karbohidrat yang tidak dapat dicerna, sehingga membantu memperlambat kenaikan gula darah setelah makan.

Menurut NHS, asupan serat yang tinggi seringkali dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit kronis. Seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan kanker usus besar.

Oleh karena itu, setiap orang disarankan mengonsumsi serat sekitar 30 gram per hari. Asupan ini merupakan bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang.

Selain kacang-kacangan dan buah beri, asupan serat juga bisa didapat dari roti gandum. Makanan berserat tinggi juga bisa ditemukan pada potato wedges. Anda bisa memanggang irisan kentang sebagai camilan.

Menonton video “Keunikan Co'ri, Jajanan Tradisional Khas Polewali Mandar
[Gambas:Video 20detik]
(dll/tambahan)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *