Jakarta

Selain Arab, banyak juga yang tertarik dengan Robusta. Rasa kopi cenderung lebih pahit dan memiliki sensasi pedas. Selain dinikmati sebagai minuman, kopi juga memiliki beragam manfaat.

Kopi diketahui mempunyai 3 jenis varietas yaitu Arabika, Robusta dan Liberika. Robusta paling populer selain Arabika. Sebab, rasanya pun tak kalah nikmat.

Robusta dikenal sebagai biji kopi yang rasanya tidak serumit Arabika, namun cenderung lebih pahit. Sensasi rasa asam juga tidak terdapat pada arabika, malah ada sensasi pedas.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Laporan dari Coletti Coffee dan Bonavita (4/3), ternyata Robusta tidak hanya bisa dijadikan minuman yang nikmat, tapi juga memiliki sederet manfaat. Ini sempurna untuk berkemah dan mengandung kafein ekstra.

Berikut 4 manfaat Robusta:

1. Cocok untuk Berkemah

Saat diseduh, kopi dengan biji Robusta memiliki rasa yang pahit dan pahit. Biasanya campuran kopi tersebut dibuat menjadi kopi seduh.

Kopi Robusta bisa diminum kapan saja, tergantung keinginan peminumnya. Namun kopi Robusta juga cocok dibawa saat camping.

Minuman ini cocok untuk pemburu dan berkemah di pagi hari. Biasanya mereka minum 3 cangkir kopi saat berkemah.

2. Cocok untuk diet

Jika Anda sedang diet, kopi Robusta bisa menjadi pilihan minuman yang tepat. Kopi ini efektif untuk program penurunan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme, pengeluaran energi, dll.

Selain itu, kopi Robusta juga memberikan efek tanpa terlalu padat kalori. 1 cangkir kopi Robusta mampu membakar lemak. Total kalorinya hanya berkisar 2 kkal.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *