Jakarta

Turis asal Tiongkok ini membuat bingung barista dengan memesan kopi dalam bahasa Mandarin. Namun barista dipuji karena tetap ramah meski ada desakan wisatawan.

Saat berlibur ke luar negeri, bahasa seringkali menjadi kendala. Saat ini, bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang menyatukan masyarakat dari semua negara.

Namun masih banyak yang masih belum fasih berbahasa Inggris. Seperti yang dialami turis asal Tiongkok ini yang mengalami kesulitan bahasa saat memesan kopi di Malaysia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Tindakan itu menjadi viral setelah video dirinya sedang memesan kopi dibagikan di Facebook. Dikutip dari World of Buzz (04/03/24) turis tersebut baru saja mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Tak bisa berbahasa Inggris, turis asal Tiongkok ini ngotot memesan kopi di MalaysiaTak bisa berbahasa Inggris, turis asal Tiongkok ini ngotot pesan kopi di Malaysia Foto: Facebook

Dalam video tersebut, ia terlihat memesan kopi di Starbucks di bandara. Dia memesan latte berukuran venti dalam bahasa Cina. Barista itu bingung.

Saat diminta berkomunikasi dalam bahasa Inggris, turis tersebut tidak mengerti. Bahkan nada bicaranya menjadi lebih tinggi. Setelah sekian lama, barista itu mengerti maksud pesanannya.

Lalu barista bertanya dalam bahasa inggris apakah turis tersebut ingin menambahkan gula? Namun turis itu menjawab dalam bahasa Mandarin, “Gula? Apa itu gula?”.

Akhirnya turis tersebut dibantu oleh temannya yang berbahasa Inggris untuk memesan kopinya. Tak hanya itu, keseruan pun terjadi saat checkout.

Tak bisa berbahasa Inggris, turis asal Tiongkok ini ngotot memesan kopi di MalaysiaTak bisa berbahasa Inggris, turis asal Tiongkok ini ngotot pesan kopi di Malaysia Foto: Facebook

Turis tersebut membayar dengan memberikan 100 Ringgit Malaysia atau setara Rp 332.000. Kemudian, dengan pelan dan lantang, barista meminta lebih sedikit uang.

“Apakah uangnya lebih kecil seperti uang kertas Ringgit Malaysia 20 (Rp 66.000),” kata barista menjelaskan dengan menggunakan bahasa isyarat.

Namun turis itu tidak mengerti dan nada suaranya menjadi tinggi. Sepertinya turis itu sendiri mulai kesal. Sementara barista tetap tenang dan ramah dalam menjawabnya.

Setelah itu, turis tersebut memberikan uang tersebut dengan sedikit melemparkannya. Video tersebut menjadi viral dan menuai kritik pedas dari warganet. Banyak yang menganggap turis ini tidak sopan.

“Dia yang salah, dia yang marah. Ini tidak sopan, sebaiknya lebih hati-hati di negara rakyat,” tulis salah satu warganet.

“Sering ketemu orang yang udah tau salahnya tapi ngeselin karena gak mau kelihatan salah. Yang jelas dengan mereka yang seperti itu, orang juga tau kalau dia salah,” tulis warganet lainnya. .

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *