Jakarta

Bak kut teh populer di Malaysia, bahkan telah menjadi makanan warisan nasional. Seorang penjual menawarkan alternatif halal selain bak kut teh dan banyak pembeli Muslim.

Bak kut teh merupakan makanan khas Cina di Malaysia. Bak kut teh ini konon sudah ada sejak awal abad ke-20. Hidangan berkuah ini terbuat dari iga babi yang dimasak dengan berbagai macam bumbu hingga menghasilkan kuah kaldu yang nikmat.

Belum lama ini, bak kut teh dinobatkan sebagai hidangan Warisan Nasional Malaysia dalam Deklarasi Benda Warisan Budaya 2024 oleh Kejaksaan Agung dan Federal Gazette (24/2/2024), seperti dikutip detikFood.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Umumnya berbahan dasar iga babi, tentu saja masakan ini haram bagi umat Islam. Namun, ada penjual bak kut teh di Malaysia yang menawarkan alternatif halal.

chic kut teh, seperti kut teh halal yang menggunakan daging ayamkut teh yang stylish, seperti kut teh halal menggunakan ayam Foto: Sin Chew

Laporan dari World of Buzz (10/3), pemilik restoran otentik Chinese food menawarkan menu bak kut teh dengan alternatif halal. Bak kut teh dia campur dengan daging ayam.

Restoran ini juga menamai menunya dengan chic kut teh. Nama 'bak' diubah oleh pemilik restoran, karena dalam bahasa Cina berarti 'babi'.

Menu bak kut teh halal ini dipersembahkan oleh Pak Ananda Chic Kut Teh. Lokasi restorannya ada di Eko Cheras Mall. Belakangan ini restoran tersebut ramai dikunjungi pelanggan muslim yang ingin mencoba menu bak kut teh halal.

Ananda, pemilik restoran tersebut mengatakan, sekitar 30 persen pelanggan Melayu mengunjungi restorannya untuk menikmati makanan. Meski mayoritas pengunjung mal adalah orang Tionghoa.

“Saya bisa menjual sekitar 80 hingga 100 potong kut teh trendi sehari,” kata Ananda dalam wawancara dengan Shin Chew Daily.

chic kut teh, seperti kut teh halal yang menggunakan daging ayamkut teh yang stylish, seperti kut teh halal menggunakan ayam Foto: Sin Chew

Ananda menjelaskan alasannya memilih lokasi yang mayoritas warga Tionghoa. “Kami mengujinya di sini untuk memahami reaksi pasar. Kami juga mencoba memahami selera pelanggan Melayu dan meningkatkan apa yang dibutuhkan,” jelasnya.

Saat ini, Ananda mengklaim restorannya bebas daging dan lemak babi. Saat ini juga memenuhi standar sertifikasi halal. Koki restorannya juga orang Melayu.

“Ini (chic kut teh) makanan sehat. Dibuat dengan daging dan bumbu, belum tentu babi. Bisa diganti dengan ayam, sapi, domba. Semua orang bisa menikmatinya,” kata Ananda.

Menonton video “Sajian Praktis Ramadhan: Sambal Daging Sapi Cabai Hijau
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *