Jakarta

Pasar terapung memiliki keunikan karena pedagangnya menjual makanan di atas perahu. Di Asia, terdapat pasar terapung yang dinilai keren dan menarik untuk dikunjungi.

Konsep pasar terapung atau pasar terapung di sungai merupakan konsep pasar tradisional yang unik di Asia. Mulai dari Indonesia hingga Vietnam.

Berbeda dengan pasar tradisional di negara-negara Barat, negara-negara Asia mempunyai konsep pasar tradisional yang lebih beragam. Bahkan terbilang unik dan langka di mata dunia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Salah satunya adalah konsep pasar terapung, atau pasar terapung dimana para pedagang menjual barang dagangannya seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan daging segar di atas perahu kayu di tepi sungai.

Pasar terapung ini banyak ditemukan di berbagai negara di Asia. Seperti Indonesia yang punya pasar terapung di Banjarmasin, hingga Vietnam dengan Pasar Terapung Delta Mekong yang menawan.

Melaporkan dari India Today dan berbagai sumber (13/03), berikut lima pasar terapung paling keren di Asia.

1. Pasar Terapung Delta Mekong

5 Pasar Terapung Paling Keren di Asia, dari Banjarmasin hingga Delta Mekong5 Pasar Terapung Terbesar di Asia, dari Banjarmasin hingga Delta Mekong Foto: Berita Laman

Vietnam memang menjadi salah satu negara yang mempunyai pasar terapung yang cukup terkenal. Namanya Mekong Delta Floating Market, sesuai dengan namanya, pasar ini mengapung di sepanjang Sungai Mekong yang menjadi ikon Vietnam.

Suasana pasar terapung di Delta Mekong mirip dengan pasar terapung di Thailand dan Indonesia. Pasar ini dikenal dengan nama Phung Hiep atau Cai Be.

Hampir semua pedagang menggunakan perahu bermotor atau sepeda motor pemukul agar bisa terbang dengan cepat, menawarkan berbagai buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan siap saji kepada pengunjung di tepian sungai. Pasar ini paling banyak dikunjungi pada pagi hari.

2. Pasar Terapung Danau Dal

SRINAGAR, KASHMIR, INDIA - 2022/08/02: Seorang pria Kashmir mendayung perahu membawa bunga segar di kedalaman danau Dal. Danau Dal terkenal dengan pasar sayur terapung yang memasok berbagai jenis sayuran sepanjang tahun ke banyak kota di lembah Kashmir. Pasar sayur terapung ini terdiri dari banyak taman terapung serta sayuran organik lokal. Ini adalah salah satu pasar terapung paling terkenal di dunia. Pasar sayur dibuka pada jam 4 pagi bahkan sebelum matahari terbit dan tutup dalam dua jam berikutnya. (Foto oleh Saqib Majeed/SOPA Images/LightRocket melalui Getty Images)Danau Dal. Foto: Muzamil Mattoo/NurPhoto melalui Getty Images

Beralih ke India, tepatnya di kota Sinagar. Ada Pasar Terapung Danau Dal yang terkenal. Tampilannya lebih sederhana dibandingkan Lok Baintan atau Damnoe Saduak. Namun pedagang di sini semuanya menawarkan produk buah dan sayur lokal.

Bagi pengunjung yang mampir ke pasar terapung ini akan disuguhi pemandangan indah sungai Danau Kashmir Dal yang cukup terkenal keindahannya.

Di sini semua pedagang fokus menawarkan sayur-sayuran dan buah-buahan. Jarang sekali pedagang yang menawarkan oleh-oleh seperti di Damnoe Saduak. Pasar Terapung Danau Dal merupakan satu-satunya pasar sayur terapung di dunia lho.

3. Lok Baintan

Sejumlah pengunjung menyaksikan pedagang pasar terapung pada Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2022 di Desa Sungai Pinang Lama, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (30/10/2022). Festival yang dihadiri lebih dari 500 pedagang pasar terapung ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan meningkatkan perekonomian masyarakat dan termasuk dalam daftar acara Kharisma Nusantara 2022 di Kalimantan Selatan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.Lok Baintan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww. Foto: ANTARA PHOTO/BAYU PRATAMA S

Ada banyak pasar terapung di Indonesia. Namun yang paling terkenal dan menarik tentunya adalah pasar terapung Lok Baintan di Banjarmasin. Lok Baintan disebut-sebut sebagai salah satu pasar terapung langka di dunia.

Pasar tradisional ini bisa dikatakan terletak di atas perairan Banjar yang masih merupakan bagian dari Kalimantan (Kalimantan Selatan). Sama seperti di Thailand, Lok Baintan kini menjadi destinasi wisata populer.

Jaraknya juga tidak jauh dari pusat kota Banjarmasin, sekitar 45 menit menggunakan perahu. Di sini pengunjung dapat berbelanja dan menawar dengan petani buah dan sayur setempat. Serta mempelajari budaya lokal masyarakat Banjar.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *