Jakarta

Semasa hidupnya, Nabi SAW mempunyai minuman favorit bernama nabeez at-tamr atau air rendaman kurma. Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW menyukai air Nabeez.

Selain rasanya yang manis, ternyata nabeez juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Meski begitu, dalam melakukan nabeez harus hati-hati dan tidak boleh sembarangan.

Lantas, apa itu nabeez dan manfaat kesehatannya? Simak penjelasannya pada artikel ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mengenal Nabeez

Nabeez atau disebut nabidh/nabeedh merupakan salah satu minuman favorit Nabi SAW. Minuman ini terbuat dari kurma atau kismis yang direndam dalam sebotol air.

Diriwayatkan dari Imam Muslim, Aisyah pernah ditanya tentang air nabeez. Dia kemudian memanggil seorang pelayan wanita dari Habaysah:

“Tanyakan pada wanita ini karena dia biasa melakukan nabeez untuk Rasulullah SAW,” kata Aisyah. Kemudian hamba itu menjawab, “Saya biasa membuatkan nabeez untuknya di dalam tas kulit pada malam hari. Lalu saya ikat dan gantung. Lalu pada pagi harinya Rasulullah SAW meminumnya.”

Dari hadis Aisyah beliau berkata, “Kami biasa membuatkan air untuk Rasulullah SAW dengan air minum yang diberi tali. Kami berendam di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau berendam di air. sore hari dan meminumnya pada pagi hari.” (HR Muslim).

Manfaat Nabeez Bagi Kesehatan

Mengonsumsi nabeez secara rutin dipercaya dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat nabeez untuk kesehatan.

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat nabeez yang pertama adalah dapat melancarkan pencernaan. Mengutip laman The Cognate, hal ini karena nabeez terbuat dari kurma yang buahnya tinggi serat.

2. Menjaga metabolisme tubuh

Asupan nabeez secara rutin dipercaya dapat membantu menghilangkan kotoran sisa proses metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, Nabeez juga disebut-sebut sebagai bahan air alkali alami, sehingga mampu membantu menyeimbangkan pH tubuh.

3. Melembabkan tubuh

Bagi yang sedang berpuasa, mengonsumsi nabeez sangat dianjurkan saat berbuka. Sebab, Nabeez dipercaya bisa membantu menghidrasi tubuh setelah berpuasa seharian.

4. Menyediakan energi tambahan

Nabeez juga dapat memberikan energi ekstra bagi tubuh, sehingga tubuh tidak mudah lemas saat beraktivitas saat berpuasa. Yang terbaik adalah mengamalkan nabeez saat sahur dan berbuka untuk merasakan manfaatnya.

5. Mengontrol Gula Darah

Mengutip e-journal bertajuk Kajian Efektivitas Kurma Menghilangkan Racun karya Siti Julaeha, mengonsumsi nabeez juga diyakini mampu mengontrol gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

Hal ini dikarenakan kurma banyak mengandung vitamin, enzim dan berbagai mineral yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Cara Membuat Nabeez

Ingin mencoba nabeez tapi bingung bagaimana cara melakukannya? Jangan khawatir, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Siapkan 3-4 buah kurma dan 1 gelas kurma
  2. Masukkan air dan kurma ke dalam wadah tertutup, lalu rendam semalaman
  3. Keesokan harinya, buka wadah dan tuangkan kurma atau nabeez yang sudah direndam ke dalam gelas
  4. Kini, nabeez bisa dinikmati segar

Tidak bisa dilakukan secara sembarangan

Meski cara membuat nabeez cukup sederhana, namun Anda tetap perlu berhati-hati dalam proses pembuatannya. Pasalnya, jika air kurma direndam lebih dari tiga hari, air tersebut akan terfermentasi dan menghasilkan produk samping berupa alkohol.

Hal ini dibenarkan oleh berbagai penelitian yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam Fatwa MUI No. 10 Tahun 2018 tentang Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol/Etanol disebutkan bahwa hanya etanol yang berasal dari khamr yang tidak dapat digunakan untuk produk halal karena haram dan najis.

Jika tidak berasal dari industri khamr, dapat digunakan jenis etanol lainnya dengan batasan yang diatur dalam fatwa. Misalnya etanol sintetik atau produk industri fermentasi non-alkohol. Selain itu, disebutkan juga bahwa kandungan etanol pada produk akhir minuman dapat diterima kurang dari 0,5% sepanjang tidak berbahaya secara medis.

Hal ini juga didukung oleh hadis riwayat Bukhari Muslim No. 3739 yang menyebutkan, “Ubaidullah bin Mu’adz Al-Anbari telah menceritakan kepada kami, ayahku telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Yahya bin Ubaid Abu Umar Al Bahranidia berkata, aku mendengar Ibnu Abbas berkata,

Rasulullah SAW disuruh memperhatikan nabeez di awal malam, lalu diminumnya di pagi hari, lalu malam hari, lalu lusa dan malam, dan keesokan harinya lagi hingga Ashar. Jika dia melihat masih ada, maka dia memerintahkan hambanya untuk menumpahkannya, atau menyuruhnya untuk menumpahkannya.” (HR Muslim)

Jadi, dapat disimpulkan bahwa nabeez dapat berubah menjadi minuman beralkohol setelah tiga hari setelah dibuat. Untuk itu disarankan untuk segera meminum Nabeez dalam waktu 1-2 hari agar kesegaran dan manfaatnya dapat dinikmati oleh tubuh.

Demikianlah penjelasan mengenai nabeez dan manfaatnya bagi kesehatan. Jadi, tertarik untuk membuat nabeez sendiri di rumah?

Menonton video “KuTips: Bikin Infused Water Kurma untuk Jaga Stamina Saat Puasa!
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *