Jakarta

Menyimpan kopi memerlukan perhatian terhadap lingkungan sekitar dan wadah yang digunakan. Agar kesegaran kopi Anda lebih awet, ikuti 5 tips menyimpan kopi ini.

Meski rasanya segar dan nikmat, kopi sepertinya tidak bisa disimpan sembarangan. Kopi, khususnya kopi bubuk, sangat sensitif terhadap suhu, aroma, dan paparan cahaya sekitar.

Kesalahan dalam menyimpan bubuk kopi dapat menyebabkan kopi kehilangan kesegarannya. Akibatnya, ketika diseduh, kopi tidak lagi memiliki aroma dan rasa yang segar atau sering disebut tengik.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan kopi di rumah agar tetap segar lebih lama. Trik ini juga direkomendasikan oleh barista profesional untuk barista rumahan agar kopi selalu segar.

Berikut 5 tips menyimpan kopi di rumah agar tetap segar lebih lama menurut The Spruce Eats:

Kopi Bubuk KecoaSaat membeli kopi bubuk, pilihlah kopi yang dikemas rapat untuk memaksimalkan kesegaran. Foto: Istimewa

1. Pilih kopi yang dikemas rapat

Langkah pertama untuk mendapatkan kopi yang tetap segar lebih lama adalah memilih kopi dengan kualitas terbaik. Kopi terbaik adalah kopi yang dikemas sangat rapat tanpa celah untuk meminimalkan kontaminasi.

Jika Anda menemukan banyak pilihan kopi di pasaran, pilihlah kopi dengan kemasan vakum atau kedap udara. Kopi yang tertutup rapat akan bertahan lebih lama karena minimal mengalami oksidasi.

Sedangkan bila kemasan kopi mengandung udara, maka kopi akan lebih cepat kehilangan kesegarannya akibat proses oksidasi. Setelah kemasan dibuka, segera simpan dalam wadah kedap udara seperti toples atau yang lainnya.

2. Simpan di tempat gelap

Tidak semua area di dapur bisa digunakan untuk menyimpan ampas kopi. Tempat terbaik untuk menyimpan kopi adalah di sudut yang sedikit cahaya, kering, dan sejuk.

Kriteria letak ini bisa ditemukan pada lemari atau laci dapur. Kopi sensitif terhadap cahaya, jika terkena sinar matahari meski di dalam ruangan maka kualitasnya akan cepat menurun.

Selain itu, kopi bubuk juga sebaiknya tidak disimpan di tempat yang lembab. Partikel kecil tersebut membuat kopi akan mudah menggumpal saat lembab sehingga tidak segar saat ingin diseduh.

Tips lainnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *