Jakarta

Perayaan tahun baru ditandai dengan kebiasaan makan yang unik, seperti mengonsumsi makanan yang dianggap membawa keberuntungan. Di berbagai negara, berikut daftarnya!

Tahun 2023 akan berakhir dengan banyaknya orang yang merayakan malam tahun baru secara besar-besaran. Selain berkumpul bersama keluarga dan menikmati menu istimewa, mereka juga kerap menyantap makanan tertentu.

Makanan ini dipercaya membawa keberuntungan. Jenis makanan di setiap negara berbeda-beda, mulai dari kacang-kacangan, kue kering, hingga buah-buahan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mengumpulkan Wanita Pionir (19/12/2023), berikut 10 makanan tradisional yang konon membawa keberuntungan saat Tahun Baru:

1. Kacang polong

Banyak orang yang percaya bahwa jika ingin beruntung sepanjang tahun, Anda perlu makan 365 kacang hitam. Kacang ini bisa dimakan 1 kali sehari.

Kacang hitam kaya akan nutrisi seperti menjaga kesehatan jantung dan pencernaan. Biasanya kacang ini diolah sebagai kari atau bisa juga digunakan sebagai isian burrito.

2. Bawang bombay besar

Cara memilih dan menyimpan bawang bombay agar tetap segarFoto: iStock

Di Yunani terdapat tradisi menggantungkan sekantong bawang di pintu rumah sebagai simbol pertumbuhan dan kelahiran kembali. Semua bermula ketika orang-orang pada zaman dahulu menyadari ciri-ciri bawang jenis ini.

Bawang akan tumbuh meski dibiarkan. Ini dianggap sebagai tanda utama keberuntungan dan kesuburan. Bawang bombay enak dipadukan dengan berbagai masakan atau dibuat menjadi onion ring.

3. Sampanye

Di negara-negara Eropa, minum sampanye sudah menjadi tradisi perayaan Tahun Baru sejak abad ke-16. Sampanye sering dianggap sebagai simbol kemewahan dan perayaan.

Beberapa orang juga akan menempatkan hiasan emas, seperti cincin, di gelas sampanye mereka sebagai simbol kemakmuran. Atau mereka mencoba melompat tiga kali tanpa menumpahkan sampanye, lalu memercikkannya ke bahu mereka untuk melambangkan pelepasan tahun sebelumnya.

4. Nasi

5 Tips Konsumsi Nasi Putih yang Aman bagi Penderita DiabetesFoto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

Di sebagian besar negara Asia, nasi merupakan makanan pokok. Nasi juga menjadi makanan yang dianggap membawa keberuntungan saat tahun baru. Beras merupakan simbol kemakmuran dan kesuburan.

Anda bisa memadukan nasi dengan kacang-kacangan (simbol keberuntungan lainnya) untuk keberuntungan ekstra di tahun mendatang!

5. Diberikan

Budaya di Belanda saat Tahun Baru adalah orang makan donat goreng seperti oliebollen. Memakannya dianggap membawa keberuntungan.

Biasanya oliebollen tidak dimakan sendiri, melainkan juga ditambahkan gula halus di atasnya. Malam Tahun Baru jadi lebih manis!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *