Jakarta

Banyak masyarakat Indonesia yang menderita sakit maag. Bila diulangi rasanya sangat tidak nyaman. Agar tidak memperburuk keadaan, hindari 5 makanan ini saat Anda menderita maag.

Maag seringkali menimbulkan nyeri atau nyeri pada ulu hati akibat adanya luka pada saluran pencernaan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori.

Makanan tertentu dipercaya dapat merangsang produksi asam lambung yang dapat menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan. Oleh karena itu, ketika Anda mengonsumsi makanan tertentu, rasa sakit di ulu hati menjadi semakin parah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat menderita sakit maag. Mengutip Very Well Health, biasanya makanan pedas dan asam menempati urutan teratas daftar.

Berikut 5 makanan yang harus dihindari saat Anda menderita maag:

1. Susu

Ilustrasi Minum SusuSusu dikatakan dapat memperburuk sakit maag. Foto: Getty Images/iStockphoto/tofumax

Susu tidak dapat mencegah atau meredakan sakit maag. Mengutip WebMD, susu justru bisa memperburuk keadaan dengan mendorong lambung memproduksi lebih banyak cairan asam.

2. Makanan yang digoreng

Duh! Pria ini kelepasan dari teman kencannya yang memesan 53 gorenganMakanan yang digoreng memperparah sakit maag karena membuat kembung dan tidak nyaman. Foto: TikTok/@zockr

Makanan yang digoreng dan makanan berlemak lainnya membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Hal ini dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan. Tentu saja keadaan ini bukanlah hal yang baik bagi penderita maag.

3. Makanan pedas

Tokopedia Makanan PedasMakanan pedas dianggap salah satu penyebab maag, Foto: Dok. Tokopedia

Makanan pedas kerap dianggap sebagai salah satu penyebab maag. Meski belum terbukti kebenarannya, hingga saat ini masih banyak orang yang merasakan gejala sakit maag semakin parah saat mengonsumsi makanan pedas.

4. Buah jeruk

Ilustrasi oranyeBuah jeruk juga diduga memperparah sakit maag. Foto: Getty Images/iStockphoto/Malkovstock

Makanan asam seperti jeruk diduga memperparah sakit maag. Namun, sama seperti makanan pedas, efek negatif jeruk terhadap maag belum terbukti secara ilmiah.

Jika sakit perut Anda semakin parah saat makan jeruk, sebaiknya hindari makan buah tersebut.

5. Coklat

Cokelat memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Namun, coklat juga kerap menimbulkan rasa tidak nyaman bagi sebagian penderita maag.

Jika makan coklat membuat Anda merasa lebih buruk, kurangi atau hindari makanan ini.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul Parahnya, hindari 5 makanan ini saat maag kambuh

Menonton video “Pasar Ikan Kedonganan Bali Dipenuhi Pembeli Jelang Tahun Baru 2024
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *