Jakarta

Oatmeal merupakan makanan sehat yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari menurunkan berat badan hingga melindungi jantung.

Oatmeal merupakan biji-bijian utuh yang memiliki nama ilmiah Avena Sativa. Oatmeal bisa membantu menurunkan berat badan karena lebih mengenyangkan.

Kandungan beta-glukan pada oatmeal dapat meningkatkan rasa kenyang dan menghasilkan hormon peptida YY (PYY) yang diproduksi usus saat makan. Hormon kenyang ini membantu mengurangi asupan kalori dan mengurangi risiko obesitas.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Selain itu, oatmeal merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Makanan rendah kalori ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah kesehatan jantung.

Berikut lima manfaat kesehatan dari konsumsi oatmeal secara rutin, dilansir dari berbagai sumber.

1. Menyehatkan jantung dan usus

Ilustrasi gandumIlustrasi Oatmeal Foto: Getty Images/iStockphoto/gresei

Makanan berbahan gandum ini memiliki rasa yang hambar. Untuk menikmatinya, oatmeal bisa diberi berbagai aksesoris agar rasanya lebih nikmat. Anda bisa menambahkan buah-buahan, susu sayur atau biji-bijian.

Salah satu keunggulan oatmeal adalah berbagai antioksidan yang disebut avenathramides hanya ditemukan pada oat.

Avenathramides telah terbukti menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dan anti-inflamasi dan dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap penyakit jantung koroner, kanker usus besar, dan iritasi kulit. Oat juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah.

2. Kaya akan vitamin dan mineral esensial

Oatmeal kaya nutrisi dan mengandung thiamin, magnesium, fosfor, seng, mangan, selenium dan bahkan zat besi.

Jumlah oatmeal yang dianjurkan adalah sekitar 1/2 cangkir atau 43 gram oatmeal per porsi. Selain kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting, oatmeal juga dikenal baik untuk kesehatan kulit.

Faktanya, oat telah lama digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

3. Menurunkan Berat Badan

Mangkuk dengan gandum di samping pisang dan telur di atas meja beton. Bahan pancake yang sehat.Menu oatmeal. Foto: Getty Images/iStockphoto/FoodieMedia

Oatmeal menciptakan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini secara tidak langsung membuat Anda makan dengan porsi lebih kecil pada waktu makan berikutnya.

Serat khusus pada oat yaitu beta-glukan membuat isi usus menjadi sangat kental. Hal ini diduga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *