Jakarta

Indonesia adalah surganya pecinta durian. Di berbagai daerah, terdapat jenis durian khas yang memiliki cita rasa khas sehingga menjadi favorit banyak orang. Inilah tipe-tipenya.

Durian adalah rajanya buah-buahan dan menjadi favorit banyak orang Indonesia. Durian tumbuh di berbagai daerah di tanah air, masing-masing memiliki keunikan tekstur dan cita rasa.

Para pecinta durian biasanya sudah mengetahui dan memahami varietas durian unggul di setiap daerah. Saat musim panen, durian dijual dengan harga yang wajar. Banyak orang berbondong-bondong datang ke tempat produksi durian untuk mendapatkan durian segar.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dari Wonogiri misalnya ada durian pogog yang berasal dari Dusun Pogog. Durian ini terkenal dengan dagingnya yang tebal dan rasanya yang manis.

Penampakan Pogog Durian di Desa Tengger, Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, saat ditemukan, Rabu (20/12/2023).Penampakan Pogog Durian di Desa Tengger, Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, saat ditemukan, Rabu (20/12/2023). Foto: Muhammad Aris Munandar/detikJateng

Warna daging buahnya kuning dengan biji kecil-kecil. Tekstur isiannya juga tidak terlalu juicy menyerupai durian montong.

Pogog durian ditanam oleh hampir seluruh warga desa. Rimo, Ketua Kelompok Tani Unggul Pogog Dusun Jati mengatakan, saat ini jumlah Kepala Keluarga (KK) sekitar 150 orang.

Selain durian pogog, ada durian mini unik yang berasal dari lereng Gunung Semeru. Durian ini tumbuh di Desa Wonokerto, Kecamatan Gucialit, Lumajang.

Sesuai dengan namanya, durian ini berukuran mini. Ukurannya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Namun memiliki rasa yang khas yaitu manis, lengket dan sedikit pahit.

Durian mini hanya dijual ketika sudah matang di pohonnya. Harganya juga sangat terjangkau mulai dari Rp5 ribu hingga Rp15 ribu.

Durian miniDurian ukuran mini. Foto: Istimewa

Tak lupa durian Bawor dari Banyumas yang jadi favorit. Durian ini mendapat predikat durian 'Montong Indonesia'. Durian Bawor merupakan durian yang dihasilkan dari persilangan berbagai jenis durian unggul.

Durian Bawor mempunyai ukuran buah yang besar, beratnya bisa mencapai 6-9 kilogram per buah. Selain itu isian buah durian Bawor sangat kental dan bijinya kecil-kecil, teksturnya padat dan lengket. Rasanya manis dan sedikit pahit. Kualitasnya yang tinggi menjadikan durian Bawor termasuk durian kualitas unggul di Indonesia.

Kalau dari Purworejo, ada durian Basar yang jadi incarannya. Nama Basar diberikan karena durian ini berasal dari pohon milik Mbah Basar, warga Kampung Hulosobo, Kecamatan Kaligesing.

Durian 'Basar' dari Hulosubo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Foto diambil Minggu (17/12/2023).Durian 'Basar' dari Hulosubo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Foto diambil Minggu (17/12/2023). Foto: Rinto Heksantoro/detikJateng

Ia memiliki pohon durian yang berumur ratusan tahun, warisan orang tuanya. Durian istimewa karena memiliki rasa agak pahit, daging buah tebal, lengket, dan manis.

Durian ini dijual dengan harga Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu. Namun durian Basar tidak bisa Anda beli secara langsung. Sebab durian sedang menjadi perbincangan hangat para pedagang.

Jumlah durian Basar juga terbatas. Oleh karena itu, banyak yang rela berbalik arah untuk mendapatkan durian tersebut.

Selain durian yang telah dijelaskan di atas, masih banyak durian dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki kualitas istimewa dan unggul. Simak informasinya di ulasan detikfood tengah pekan ini.

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *