Jakarta

Saat badan terasa panas atau demam, suhu tubuh berada di atas normal atau di atas 38 derajat Celcius. Pada kondisi ini, tubuh bisa kehilangan cairan dan mengeluarkan energi lebih banyak dari biasanya.

Saat demam, biasanya orang meminum obat untuk meredakannya. Namun mengonsumsi buah-buahan tertentu juga dapat membantu meringankan gejala demam.

Dengan sejumlah kandungan nutrisi sehat yang terkandung di dalamnya, buah-buahan ini membantu sistem kekebalan tubuh dalam menyerang infeksi virus, kuman, dan bakteri penyebab demam. Dan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Oleh karena itu, buah bisa menjadi alternatif yang bagus untuk meredakan demam. Lantas, apa saja buah penurun demam yang bisa dimakan?

Buah Penurun Demam

Berikut beberapa buah-buahan yang bisa dimakan untuk membantu menurunkan panas.

1. Sejak

Seperti dilansir laman Eat This Not That, buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan cranberry kaya akan serat dan vitamin C. Senyawa antosianin yang membuat buah beri berwarna juga memiliki manfaat dalam melawan virus pernapasan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. untuk dimakan saat demam.

2. Tolong

Saat Anda demam, penting untuk tetap terhidrasi. Buah-buahan seperti mangga dianjurkan ketika mengalami kondisi ini karena memiliki kandungan air yang tinggi sehingga memberikan hidrasi yang baik.

Biasanya orang juga mengalami gangguan lambung saat sedang demam. Mangga lunak mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Selain itu, mangga juga merupakan sumber vitamin C yang mampu menjaga sistem imun tubuh.

3. Kelapa

Mengutip Medical News Today, bagian kelapa yang baik dimakan saat panas adalah airnya. Air kelapa sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, air kelapa dapat membantu mengisi kembali cairan tubuh dan elektrolit penting yang hilang akibat demam.

Untuk meredakan panas, pastikan meminum air kelapa murni tanpa tambahan gula atau penyedap rasa.

4. Buah jeruk

Buah jeruk seperti jeruk, lemon, dan grapefruit mengandung flavonoid dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Buah-buahan ini mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan imunitas tubuh sehingga mampu mengatasi demam.

5. Semangka

Menurut data pangan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram semangka mengandung 91 persen air. Buah ini mampu mengurangi dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang akibat peningkatan suhu tubuh. Semangka bisa dimakan langsung atau dibuat jus.

6. Tomat

Tomat kaya akan vitamin B9 atau dikenal dengan folat. Kandungan vitamin ini dapat membantu mengurangi infeksi virus atau bakteri penyebab demam. Tomat juga mengandung magnesium yang memiliki sifat anti inflamasi.

Itulah beberapa buah penurun demam yang bisa disantap saat demam menyerang.

Menonton video “Antri satu jam untuk jus buah segar Rp 15 ribu
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *