Jakarta

Hidangan asli Kanton dapat dinikmati di restoran Tien Chao. Bahan-bahan segar dipadukan dengan bumbu alami dan teknik memasak khas Kanton.

Restoran Cina di Jakarta menawarkan banyak pilihan. Ada gaya Teochew, Kanton, dan Szechuan. Salah satu restoran Cina dengan masakan khas Kanton adalah Tien Chao yang terletak di lantai dasar Hotel Gran Melia, Jakarta.

Setelah ditutup sementara, Tien Chao kembali hadir dengan konsep dan cita rasa masakan baru. Restoran ini dirancang dengan memadukan konsep Cina modern.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berbeda dengan restoran Cina kebanyakan, Restoran Tien Chao menawarkan masakan khas Cina Kanton yang dimasak langsung oleh chef asal Cina, Walden Qiang Wei.

“Sebagian besar restoran Cina di Jakarta masih mendapat campur tangan dari Singapura dan Malaysia. Kami ingin menghadirkan restoran Cina yang benar-benar otentik,” kata chef Walden Qiang Wei kepada detikFood (16/1).

Arditiya Chandra Putra selaku Marketing Communication Manager Gran Melia menegaskan, “Kami memang ingin menawarkan masakan asli China Kanton, tapi sekali lagi kami harus mengikuti pasar. Jadi ada beberapa menu yang memadukan Sichuan juga.”

Chef Walden sebenarnya berasal dari Beijing, China. Namun, ia ingin lebih fokus pada seni masakan Kanton khas Tiongkok Selatan.

Tien Chao Gran Melia JakartaChef Walden Qiang Wei, chef dari Beijing di Tien Chao Gran Melia Jakarta. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Menurut chef Walden, masakan Kanton memiliki bumbu yang lebih sederhana dibandingkan masakan Beijing. Banyak yang menggunakan bahan-bahan segar, seperti seafood, ayam, sapi, dan babi. Semuanya diolah dengan bumbu segar dan teknik memasak sederhana.

Menandai dibukanya kembali restoran China Tien Chao pada Selasa (16/01), sejumlah menu andalan kreasi chef Walden telah tersaji.

Menu yang disajikan dimulai dari Cold Dish yang terdiri dari 4 menu pembuka. Ada Urat Daging Sapi Rebus 5 Bumbu, berupa potongan urat daging sapi dicampur ngo hiong atau 5 bumbu. Masakan ayamnya adalah Ayam Rebus Celup Jahe, berupa ayam rebus dengan kuah jahe.

Tien Chao Gran Melia JakartaIni adalah salah satu salad yang disajikan sebagai hidangan pembuka. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Saladnya adalah Salad Bayam dengan Kacang, bayam yang dibumbui dengan kecap dan sedikit cuka. Terakhir, Jamur Hitam dengan Ketumbar, berupa jamur hitam dengan ketumbar yang rasanya pahit dan segar.

Sebelum mencicipi menu utama, ada sajian sup ayam khas Kanton. Potongan ayam rebus dipadukan dengan bumbu jahe yang lembut dan hangat.

Tien Chao Gran Melia JakartaAda juga sup ayam khas Kanton yang menghangatkan tenggorokan. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Menu utamanya menggunakan ayam, daging sapi, dan ikan. Kebanyakan diolah dengan cara khas Kanton dengan cara dikukus agar terasa nikmat alami. Seperti Kerang Laut Kukus dengan Cabai Cincang Sichuan. Kerang rebus ini hanya dipadukan dengan kecap dan bihun. Tambahkan beberapa cabai Szechuan cincang kasar.

Tien Chao Gran Melia JakartaMenu-menu seperti Steamed Sea Scallop with Sichuan Minced Chili juga menjadi hidangan utama. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

“Sebenarnya banyak makanan Kanton yang digoreng, dipanggang dan sebagainya. Namun, saya sengaja memilih teknik kukus di sini karena jauh lebih sehat,” kata chef Walden.

Mayoritas hidangan di Tien Chao merupakan masakan Kanton yang bersifat netral. Namun koki Walden juga memberikan beberapa rasa yang lebih sesuai dengan selera pelanggan lokal.

Tapi saya tidak menolak saran atau masukan dari para tamu. Kalau misalnya bilang kurang bumbu, saya coba ubah sedikit dan coba sesuaikan rasanya,” jelas chef Walden.

Tien Chao Restaurant memiliki kapasitas tempat duduk 101 orang, dengan ruangan yang lebih luas. Restoran ini juga menyediakan ruang pribadi untuk acara khusus.

Tien Chao Gran Melia JakartaMasih banyak masakan khas Kanton yang ditawarkan oleh restoran Tien Chao Gran Melia Jakarta. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Jika ingin makan di restoran ini, Anda bisa memesan menu atau paket a la carte. Harga makanan mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 500.000,

Tien Chao buka setiap hari dengan 2 sesi. Sesi pertama pukul 11.30 – 15.00 dan sesi kedua pukul 16.30 – 22.00 WIB Khusus Sabtu-Minggu, Tien Chao menawarkan Dimsum Brunch selama 90 menit.

Untuk pemesanan atau informasi silahkan menghubungi 021 – 526 8080, WA +62 811 8890 712, atau email di [email protected].

Menonton video “Restoran Cina di Hotel Karawang
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *