Jakarta

Kulkas merupakan salah satu peralatan penting di rumah. Oleh karena itu, kita perlu mengontrol barang atau bahan makanan apa saja yang boleh dimasukkan ke dalamnya.

Beberapa bahan pokok dapur dan sayuran tertentu paling baik disimpan pada suhu kamar. Pasalnya jika terkena suhu dingin bisa kehilangan rasa dan kualitasnya.

Lantas, barang apa saja yang tidak boleh disimpan di lemari es? Lihatlah daftar contohnya di bawah ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Bahan Yang Tidak Perlu Dimasukkan Ke Kulkas

Dilansir dari laman Home and Garden, berikut daftar bahan dan makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam freezer:

1. Roti dan Pisang

Pendiri perusahaan styling dan penyelenggara The Siplified Island, Caroline Roberts, mengungkapkan bahwa pisang dan roti tidak baik disimpan di lemari es.

“Roti akan mengering jika disimpan di lemari es, dan pisang akan menjadi hitam. Meski pisang masih bisa dimakan, namun terlihat sangat kotor,” ujarnya, dikutip dari situs Homes and Gardens.

Ia menyarankan agar pisang dan roti disimpan di dapur. Jika Anda benar-benar menginginkannya di lemari es, pastikan pisangnya dimasukkan ke dalam lemari es

“Sebaliknya, kami akan mengupas (pisang) dan menyimpannya di lemari es untuk dijadikan smoothie atau dipanggang,” jelasnya.

2. Buah yang masih perlu dimatangkan

Bukan kulkas, tapi meja adalah tempat paling tepat untuk buah-buahan yang masih perlu dimatangkan.

“Saat sudah matang, kami memindahkan sebagian besar buahnya (tetapi bukan pisang atau tomat) ke lemari es agar tahan lebih lama. Kami menyimpan buah yang sudah dipotong di lemari es,” jelas Jamie Hord, pendiri perusahaan penyelenggara Horderly.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih tidak perlu disimpan di lemari es. Sebaiknya disimpan di tempat yang memiliki aliran udara (bukan di wadah tertutup). Lain halnya jika bawang bombay sudah dipotong.

“Memotong dan menyiapkan bawang merah dan bawang putih untuk dimasak akan lebih rentan terhadap bakteri sehingga sebaiknya disimpan di lemari es,” kata Jamie.

4. Lada, Mentimun dan Tomat

Mungkin masih banyak orang yang menaruh paprika, tomat, atau mentimun di lemari es. Sebenarnya makanan ini tidak perlu disimpan di lemari es.

Direktur rantai pasokan makanan, ritel, dan FMCG di British Standards Institution, Neil Coole, mengatakan jika paprika, mentimun, dan tomat disimpan di lemari es, kualitasnya bisa hilang.

“Jika disimpan di lemari es, sering kali kehilangan rasa dan kualitasnya secara keseluruhan. Sebaiknya simpan barang-barang ini di suhu ruangan untuk mendapatkan rasa terbaik dan nutrisi terbanyak,” jelasnya.

5. Acar
Neil juga mengingatkan saya untuk tidak memasukkan jeruk ke dalam lemari es.

“Kosongkan sebagian ruang penyimpanan dan perhatikan cara pengawetan, seperti pengawetan dan fermentasi, yang menjamin makanan berkualitas tinggi tanpa memerlukan pendinginan tambahan,” jelasnya.

6. Alpukat

Ahli gizi Candida Diet Lisa Richards mengatakan alpukat tidak boleh disimpan di lemari es, karena akan mempengaruhi tekstur dan rasanya.

“Jika alpukat disimpan di lemari es, suhu dingin akan memperlambat proses pematangan dan membuat daging buah menjadi keras. Hal ini akan mempengaruhi rasa dan tekstur. Selain itu, daging juga dapat berubah warna sehingga membuat tampilan buah alpukat menjadi kurang menarik. ,” jelas Lisa.

Jadi, apakah alpukat sudah matang atau belum cukup matang, diamkan saja di suhu ruangan.

7. Labu, Ubi Jalar dan Terong (Ubi Jalar)

Pakar masak Tupperware, Dia Lugo mengatakan, labu kuning, terong, dan ubi merupakan makanan yang sebaiknya disimpan di luar lemari es.

Menurutnya, wadah tersebut justru dapat memberikan kelembapan yang tepat sehingga membantu umbi tetap kokoh.

Sekaligus meminimalkan perkecambahan dan pembusukan, mengurangi bau, dan mengurangi produksi Solanine, zat beracun yang ditemukan pada tanaman nightshades, seperti ubi jalar.

8. Kopi

Pendiri Home Bar Select, Aaron Jerez mengatakan, kopi tidak perlu disimpan di lemari es. Pasalnya, suhu dingin di lemari es bisa menyebabkan kopi terasa basi.

Sedangkan (kopi) disimpan dalam kantong atau wadah berisi bubuk kopi A yang belum dibuka pada suhu kamar dalam wadah kedap udara, jelasnya.

9. Sayuran yang tidak bisa disimpan di lemari es

Kentang, bawang bombay, dan paprika merupakan sayuran yang tidak perlu disimpan di lemari es.

Caroline sebenarnya menyarankan untuk menyimpan sayuran potong dalam toples (seperti pot bunga) dengan sedikit air di bagian bawahnya. Berikut tips agar tetap segar.

Menonton video “Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memanaskan Kembali Makanan
[Gambas:Video 20detik]
(informasi/informasi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *