Jakarta

Biji kopi asal Indonesia cukup populer di dunia, salah satunya kopi asal Bali. Sebuah perjalanan panjang di balik budidaya biji kopi Bali yang memiliki banyak penggemar.

Produksi kopi di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Panen pohon kopi di Indonesia rupanya mempunyai pasar tersendiri di pasar kopi internasional.

Panen yang banyak dengan kualitas kopi yang bagus membuat banyak pecinta kopi melirik kopi produksi Indonesia. Salah satunya adalah kopi asal Bali yang terkenal dengan cita rasa khasnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Di balik kopi segar asal Bali, terdapat banyak fakta menarik. Mulai dari sejarah budidaya hingga varietas termahal di dunia.

Baca juga: Buruk! Diberi tips, ojol ini tetap ngotot memakan pesanan pelanggannya

Berikut 5 fakta kopi asal Bali yang dirangkum dari beberapa sumber:

Secangkir Kopi Panas dan biji kopi dengan matahari terbit di atas meja kayu dan pertanian dengan pegunungan dengan latar belakang alamiTanaman kopi di Bali pertama kali ditanam oleh pemerintah Belanda. Foto: iStock

1. Ditanam oleh Belanda

Karena masa lalu Indonesia banyak dipengaruhi oleh Belanda, maka kopi yang ditanam di Bali juga pertama kali dibawa oleh Belanda. Pada abad ke-19, Belanda mencoba menanam kopi di Bali dengan harapan dapat menghasilkan kopi yang banyak dan menjualnya ke luar negeri.

Sejak menanam kopi di Bali, produksi biji kopi Indonesia sukses memasuki pasar dunia bahkan mengalahkan Yaman yang pernah disebut sebagai raja kopi dunia. Sayangnya kekuasaan tersebut tidak bertahan lama.

Perkebunan kopi di Bali terserang penyakit pada tahun 1876. Akibatnya, seluruh tanaman kopi yang terpapar harus dimusnahkan dan terjadi kegagalan panen besar-besaran.

2. Produsen Kopi Luwak

Di Bali ditemukan teknik pemilahan biji kopi yang unik. Kopi ini kini populer sebagai salah satu kopi termahal di dunia dengan ciri khas tersendiri yaitu kopi Luwak.

Luwak merupakan salah satu jenis rubah yang banyak dipelihara oleh masyarakat Bali pada masa lalu. Rubah akan diberi makan buah kopi dan jika melalui proses pencernaan rubah secara utuh maka buah kopi tersebut diakui kualitasnya.

Kopi yang digunakan untuk menghasilkan kopi luwak biasanya menggunakan biji kopi Robusta. Kopi luwak banyak dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit liver dan diabetes tipe 2.

Fakta kopi Bali lainnya ada di halaman selanjutnya.

Menonton video “Minum kopi dan jajan Laklak di pinggir persawahan Bali
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *