Jakarta

Stres bisa datang kapan saja. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi makanan sehat. Namun hati-hati karena stres juga bisa dipicu oleh makanan tersebut.

Stres merupakan suatu kondisi yang bisa datang dalam bentuk apapun. Stres merupakan respon seseorang ketika berada dalam tekanan atau ketika berada pada situasi yang tidak dapat dikendalikan.

Menemukan cara untuk mengurangi stres adalah hal yang wajar. Namun, perlu diingat, apa yang berhasil bagi sebagian orang mungkin tidak berhasil bagi orang lain.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun para ahli mengungkapkan bahwa stres tidak muncul begitu saja dan bisa dihilangkan dengan melakukan aktivitas tertentu. Sebab makanan yang dikonsumsi setiap hari juga mempunyai pengaruh.

Kondisi stres juga bisa berdampak pada tubuh. Seiring waktu, stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah tidur, sakit kepala, kesulitan berkonsentrasi, kecemasan, depresi, dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Jika ingin terhindar dari stres, sebaiknya konsumsi 5 makanan yang dirangkum dari vegnews.com (23/01):

1. Konsumsi makanan kaya magnesium

Resep Tumis Bayam dan TeriBayam merupakan makanan kaya magnesium yang dapat membantu mengatasi masalah stres. Foto: iStockfoto

Magnesium berperan penting dalam tingkat stres dan kecemasan, serta memiliki pengaruh pada bagian otak yang mengatur hormon stres.

Penelitian yang disebut vegnews.com menemukan bahwa asupan magnesium yang lebih tinggi dapat membantu mengurangi perasaan stres, kecemasan, dan depresi.

Oleh karena itu, bagi yang ingin mencegah atau mengurangi stres sebaiknya mulai mengonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian yang kaya magnesium.

Misalnya saja mengonsumsi kacang mete, almond, dan biji labu yang merupakan sumber magnesium yang baik.

Anda juga bisa mengonsumsi makanan kaya magnesium lainnya, seperti tahu, kangkung, bayam, pisang, dan bahkan coklat hitam.

2. Makan makanan anti inflamasi

Ubi Jalar Vs Ubi UnguUbi jalar merupakan salah satu makanan anti inflamasi yang juga bisa dimakan. Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurut Hope Ricciotti, MD, dan Toni Golden, MD, peradangan kronis yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit jantung, radang sendi, dan seiring berjalannya waktu menyebabkan depresi.

Penelitian yang dikutip dari Veg News juga menunjukkan bahwa stres psikologis dapat menyebabkan peradangan fisik pada tubuh. Makanan anti inflamasi dapat menangkal efek stres ini.

Geiger menyarankan mengonsumsi makanan kaya warna, seperti buah beri dan ubi jalar, merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mengurangi peradangan.

Makanan vegan anti inflamasi, termasuk sayuran berdaun hijau, tomat, almond, dan jeruk juga bisa dimakan.

Anda juga sebaiknya membatasi makanan yang menyebabkan peradangan, seperti karbohidrat olahan, gorengan, daging olahan, dan minuman manis.

Saran makanan lain yang bisa mengurangi stres bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *