Jakarta

Tanaman kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh dan berkembang di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik hingga ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Pohon kelor mempunyai khasiat yang beragam mulai dari biji, buah, bunga, kulit kayu, batang, akar hingga daun. Pohon ini juga dijuluki The Miracle of Tree, Tree for Life dan Amazing Tree. Apa saja manfaat daun kelor?

Manfaat Daun Kelor

Daun kelor kaya akan manfaat kesehatan. Daun ini mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti jantung, kanker dan kolesterol.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Daun kelor mempunyai khasiat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas hormon insulin. Mengutip gudang Politeknik Kesehatan Denpasar, manfaat ini sangat bagus untuk mencegah diabetes dan resistensi insulin.

2. Mengatasi Peradangan Kronis

Peradangan bisa menjadi penyebab utama masalah kesehatan. Menurut situs Pemda Jambi, kandungan isothiocyanate pada daun kelor dapat membantu memerangi peradangan kronis terkait penyakit jantung dan kanker. Jadi, mengonsumsi daun kelor secara rutin bisa menjadi langkah awal untuk menjaga keseimbangan tubuh dan terhindar dari peradangan berlebihan.

3. Melindungi Fungsi Otak

Daun kelor mengandung antioksidan yang dapat memberikan perlindungan tambahan bagi kesehatan otak. Daun ini mampu menurunkan risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer, sehingga dapat membantu menjaga fungsi otak tetap optimal.

4. Memiliki Sifat Anti Penuaan

Kelor kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah kerutan dini dan menjaga kulit tampak awet muda. Mengutip Forbes, daun kelor juga mengandung vitamin A dan C yang sama-sama bermanfaat bagi kulit. Studi juga menunjukkan bahwa kedua zat ini dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

5. Meningkatkan produksi ASI

Kelor bisa sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan daun kelor dapat membantu meningkatkan dan memperlancar produksi ASI.

6. Menjaga kesehatan jantung

Daun kelor mengandung polifenol yang tinggi. Hal ini dapat membantu melindungi hati dari bahaya kerusakan oksidatif. Tentu saja khasiat ini sangat bermanfaat bagi penderita riwayat penyakit liver.

7. Melancarkan Pencernaan

Sebuah studi di Food Research International mengamati serat makanan pada kelor dalam bentuk oligosakarida, sejenis karbohidrat. Menurut ahli gizi diet yang berbasis di Los Angeles, daun kelor mengandung serat dalam jumlah yang sehat dan terbukti mengurangi sembelit.

8. Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini berkat kandungan flavonoid, beta-karoten dan senyawa berkhasiat tinggi lainnya.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Daun kelor mengandung banyak antioksidan dan potasium. Berkat kandungannya tersebut, tanaman ini diketahui mampu menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ekstrak daun kelor diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman. Mulai dari Salmonella typhi yang menyebabkan penyakit tipes, Escherichia coli yang menyebabkan diare, dan Staphylococcus aureus yang menyebabkan infeksi kulit.

11. Meningkatkan Energi

Anda bisa mengganti minuman berkafein yang memberi energi dengan daun kelor. Kandungan vitamin dan mineral pada daun kelor seperti zat besi, vitamin B, C dan D dari daun kelor dapat membantu menjaga vitalitas tubuh, tanpa menimbulkan efek samping akibat minuman berkafein.

Mengutip PharmEasy, selain almond dan oat, daun kelor menjadi obat yang andal untuk melawan kolesterol tinggi. Kolesterol itu sendiri
merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Ibu hamil biasanya mengalami kadar kolesterol lebih tinggi yang dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah diabetes yang pertama kali terdeteksi pada ibu hamil yang tidak menderita diabetes sebelum hamil.

13. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Daun kelor merupakan sumber yang kaya kalsium dan fosfor. Keduanya diperlukan untuk kesehatan tulang yang baik. Sifat anti inflamasi pada daun kelor dapat membantu melawan arthritis bahkan menyembuhkan tulang yang rusak.

14. Baik untuk Sistem Saraf

Banyak gangguan saraf diketahui menunjukkan hasil positif akibat penggunaan daun kelor. Konsentrasi tinggi vitamin E dan C dari daun ini memerangi degenerasi saraf. Orang yang menderita migrain atau sakit kepala berulang dapat mengonsumsi daun ini secara rutin.

15. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Daun kelor mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh tanpa menguras cadangan energi. Hal ini membuat orang yang memakannya merasa ringan namun bergizi. Daun beracun ini mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Perlu diketahui bahwa manfaat daun kelor yang kaya akan nutrisi adalah untuk menjaga kesehatan dan membantu proses penyembuhan. Konsumsi daun kelor harus dibarengi dengan pola hidup sehat setiap hari.

Menonton video “Cobalah beragam menu kelor: croissant hingga nasi kelor
[Gambas:Video 20detik]
(garis/garis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *