Jakarta

Minum air putih selama dan setelah makan dikatakan dapat melancarkan pencernaan. Namun apakah klaim ini benar? Dan kapan waktu yang tepat untuk minum air putih?

Banyak orang yang percaya bahwa kebiasaan meminum beberapa gelas air putih saat makan dan segera setelah makan akan membantu proses pencernaan menjadi lebih cepat. Namun, banyak ahli gizi di seluruh dunia menolak keras gagasan ini.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa cara ini justru menghambat proses pencernaan. Hal ini dianggap mengencerkan cairan lambung yang penting dan menyebabkan kadar insulin meningkat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Dibutuhkan sekitar dua jam untuk mencerna apa yang Anda makan. Makanan melewati kerongkongan ke lambung, lalu ke usus besar sebelum dikeluarkan dari sistem Anda,” kata ahli gizi Anju Sood, dikutip dari Makanan NDTV.

“Ada perbandingan tertentu antara cairan dan padat dalam sistem lambung kita. Jika Anda minum air sebelum makan, Anda tidak hanya mengganggu komponen cair dengan mengencerkan apa yang Anda makan, Anda juga mempercepat proses pencernaan karena makanan kini masuk ke usus besar. lebih cepat dari yang seharusnya. Oleh karena itu, tidak dianjurkan minum air sebelum makan.”

Tak hanya itu, ia juga menolak gagasan minum air putih sambil makan. Hal ini, kata dia, tidak hanya mempercepat pencernaan, tetapi juga mengganggu penyerapan nutrisi alami setelah pencernaan.

“Beberapa orang yang minum air putih bersama makanan juga menunjukkan kecenderungan mengalami pembesaran usus besar,” ujarnya.

Lalu bagaimana dengan minum air setelah makan?

Penelitian Terbaru! Orang Tidak Boleh Minum Air Terlalu BanyakFoto: Getty Images/iStockphoto/ljubaphoto

Mengenai masalah minum air segera setelah makan, Sood mencatat dampak buruknya.

“Dengan meminum air segera setelah makan, Anda kembali mengganggu waktu alami yang dibutuhkan makanan untuk dicerna. Hal ini juga membuat Anda merasa lapar lebih awal dari yang diperkirakan dan mengakibatkan makan berlebihan dan kembung.”

Waktu terbaik untuk minum air

Ia menganjurkan 30 menit sebelum dan sesudah makan. Dalam 30 menit ini, sistem Anda berpindah ke tahap pencernaan berikutnya.

Penelitian menunjukkan bahwa penting untuk istirahat setelah makan karena ini juga membantu penyerapan nutrisi penting.

Pasalnya, minum air segera setelah makan cenderung mengencerkan cairan lambung. Meski perut manusia pandai menyerap air, namun asupan air yang berlebihan setelah makan akan melemahkan enzim yang penting untuk pencernaan.

Hal ini menyebabkan berkurangnya sekresi enzim pencernaan yang pada akhirnya dapat menyebabkan mulas dan peningkatan keasaman.

Gangguan pencernaan juga menyisakan banyak makanan yang tidak tercerna di dalam sistem.Glukosa dari makanan yang tidak tercerna diubah menjadi lemak dan disimpan di dalam tubuh Anda.

Proses ini menyebabkan lonjakan insulin, yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh, dan dapat memicu penyakit diabetes dan obesitas. Oleh karena itu, penting untuk menjaga diri tetap terhidrasi dan mengonsumsi air putih minimal dua liter setiap hari.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul Kapan waktu yang tepat untuk minum air putih setelah makan?

(adr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *