Jakarta

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jika terus berlanjut, kondisi ini bisa berdampak buruk pada fungsi organ tubuh.

Gula darah tinggi bisa terjadi pada siapa saja, dengan faktor pendukung dan gaya hidup yang buruk. Oleh karena itu, tindakan pencegahan harus dilakukan.

Kebiasaan Ngemil Sehat Yang Dapat Mencegah Gula Darah Tinggi

Ngemil atau makan dalam porsi kecil kerap dilakukan di sela-sela aktivitas sehari-hari. Biasanya saat ngemil, pilihlah makanan yang sesuai dengan selera dan merangsang nafsu makan, misalnya gorengan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kebiasaan ngemil ini harus diubah, dengan memilih makanan yang lebih baik bagi tubuh. Berikut beberapa contohnya

1. Buah dan Sayuran

Menurut situs Diabetes UK, ada beberapa jenis buah dan sayur yang baik dikonsumsi untuk mencegah gula darah tinggi. Contohnya adalah apel, anggur, alpukat, brokoli, jeruk, dan buah beri.

Buah-buahan ini mengandung gula alami yang tidak perlu Anda khawatirkan. Namun, sebaiknya hindari buah dan sayuran olahan karena biasanya mengandung kadar gula yang tinggi.

2. Kacang

Mengutip situs Eat This, Not That, kacang-kacangan mengandung protein dan serat yang membantu menstabilkan kadar gula darah. Anda bisa memilih kacang almond, kacang tanah, dan pistachio yang diolah dengan sedikit gula, garam, dan lemak.

3. Telur Rebus

Telur merupakan camilan yang mengenyangkan, penstabil gula darah, dan rendah kalori. Menurut CEO NY Nutrition Group Lisa Moskovits RD, telur rebus tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah. Telur mengandung banyak protein dan beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, 9 asam amino esensial dan zinc.

4. Cemilan yang tidak tinggi garam dan gula

Jajanan jenis ini kini sudah tidak sulit ditemui di pasar masyarakat. Tentu saja jajanan tersebut diolah dengan cita rasa yang nikmat. Jajanan ini bisa dinikmati dalam bentuk keripik, biskuit dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengonsumsi camilan seperti pai apel dengan kayu manis yang rendah kalori. Kayu manis sendiri membantu menurunkan gula darah dan meniru efek insulin, yang membawa gula ke dalam sel.

5. Teh Hijau

Teh hijau sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Kandungan epigallocationchin gallate (EGCG) beserta senyawa bermanfaat lainnya terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dengan membantu mentransfer gula darah ke otot.

Konsumsi teh hijau secara teratur terbukti membantu menurunkan gula darah puasa atau gula darah pagi hari. Gula darah puasa adalah jumlah glukosa dalam darah setelah tidak makan selama 8-10 jam.

6. Keju

Keju rendah lemak mengandung protein tinggi yang membantu menjaga gula darah tetap terkendali. Irisan keju ini bisa dimakan utuh atau dengan kerupuk buah dan gandum.

7. Jagung Berondong

Popcorn merupakan snack gandum utuh yang sehat dengan kandungan kalori yang rendah. Mengutip Healthline, camilan ini mengandung 1 gram serat per 1 gelasnya, sekitar 8 gram. Sehingga menjadikannya makanan ramah diabetes.

Namun, kebanyakan popcorn saat ini mengandung garam dan lemak yang sangat tinggi. Agar lebih sehat, Anda bisa membuat popcorn sendiri di rumah dengan gula dan garam secukupnya.

8. Alpukat

Alpukat bisa menjadi camilan yang enak dan menyehatkan. Anda bisa memakannya dengan tambahan bumbu, gula dan garam sesuai selera. Camilan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Nah untuk menghindari gula darah tinggi, Anda bisa mengganti camilan tidak sehat dengan makanan-makanan tersebut. Jadi, Anda tetap bisa ngemil tanpa khawatir dengan kadar gula darah.

Menonton video “Keunikan Co'ri, Jajanan Tradisional Khas Polewali Mandar
[Gambas:Video 20detik]
(garis/garis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *