Jakarta

Makanan yang pahit seringkali diabaikan karena dianggap tidak enak. Ternyata dibalik beberapa makanan pahit tersebut terdapat manfaat baik untuk kesehatan.

Secara alami, makanan seperti sayur-sayuran memiliki rasa pahit yang melekat. Sayangnya, rasa pahit yang muncul secara alami membuat beberapa makanan dihindari konsumen karena dianggap tidak enak.

Makanan manis atau asin dalam bentuk olahan lebih populer dibandingkan makanan alami. Sebenarnya di balik beberapa makanan yang memiliki rasa pahit, terdapat banyak nutrisi dan manfaat yang bisa didapat oleh tubuh.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Untuk menutupi rasa pahit pada makanan, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mencucinya dengan garam, mencampurkannya dengan bahan lain, atau memasaknya dengan cara tertentu.

Baca juga: Ditipu Saat Beli Donat, Wanita Ini Dapat Makanan Tak Terduga

Berikut 5 makanan pahit dengan beragam manfaat menurut Health Shots:

Meski pahit, 5 makanan ini punya banyak manfaat bagi kesehatanSayuran seperti salad pahit ini memiliki manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/Yuuji

1. Kangkung

Sayuran mirip kangkung ini memiliki banyak manfaat dari kandungan nutrisi alami di dalamnya. Bedanya dengan selada, kangkung memiliki daun yang lebih tebal dan warnanya hijau tua tidak seperti selada yang sering kita temukan.

Kangkung memiliki rasa yang segar sehingga sangat cocok disantap sebagai salad atau hidangan lainnya. Kangkung mengandung vitamin A, C dan K yang berperan sebagai antioksidan.

Kangkung juga memiliki kadar serat yang tinggi seperti sayuran hijau lainnya. Warna hijau tua berasal dari kandungan glukosinolat yang mampu mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.

2. Cokelat Hitam

Berbeda dengan coklat susu, coklat hitam memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi. Kurangnya bahan-bahan seperti susu, krim dan/atau pemanis membuat coklat hitam memiliki rasa yang pahit tidak seperti coklat yang dibeli di toko.

Cokelat hitam kaya akan flavonoid seperti katekin dan epikatekin. Selain itu, kandungannya yang masih tergolong murni membuat kadar antioksidan pada dark chocolate jauh lebih tinggi dibandingkan coklat susu atau jenis lainnya.

Kombinasi flavonoid dan katekin ini sangat efektif mencegah keluhan kesehatan pada tubuh. Selain itu, dengan adanya antioksidan yang tinggi mampu menangkal radikal bebas yang menyerang kesehatan.

Makanan pahit bergizi lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Lawan Dampak Buruk Polusi Udara dengan Teh Hijau
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *