Jakarta

Jus bisa menjadi bagian dari diet sehat untuk menurunkan berat badan. Dengan meminum jus buah dan sayur tertentu, nutrisi tambahan bisa lebih cepat masuk ke dalam tubuh.

Namun nutrisi pada jus bisa saja hilang karena kandungan gula yang tinggi, perasa buatan, atau bahan pengawet jika Anda membeli jus kemasan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membuat jus segar sendiri di rumah. Gampang kok.

Ingin tahu buah dan sayur apa saja yang cocok dijadikan jus untuk menurunkan berat badan? Cari tahu pada uraian di bawah ini ya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Jus untuk Diet Penurunan Berat Badan

Berikut daftar buah dan sayur yang bisa dijadikan jus penurun berat badan, dikutip dari Healthline. Di sisi lain, beberapa jus ini juga dapat membantu mengurangi lemak tubuh sehingga sangat cocok untuk diet.

1. Jus delima

Jus buah delima rendah kalori sehingga mampu menunjang penurunan berat badan. Selain itu, buah ini dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan gula darah yang dapat meningkatkan rasa lapar menurut beberapa penelitian.

Selain itu, jus delima kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan ini mampu mengatur kadar gula darah setelah mengonsumsi makanan yang mungkin menyebabkan peningkatan gula darah.

2. Jus Semangka

Selain manis dan menyegarkan, jus semangka juga rendah kalori dan gula. Kandungan airnya yang tinggi mampu membuat perut terasa lebih kenyang.

Semangka juga kaya akan asam amino dan arginin. Kandungan tersebut diketahui dapat membantu menghilangkan lemak tubuh sehingga cocok untuk menurunkan berat badan.

3. Jus Seledri

Seledri atau batang seledri juga rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa makanan dan minuman rendah kalori bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak.

Jus seledri juga merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif.

4. Jus Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C tingkat tinggi yang baik untuk metabolisme. Kandungan seratnya juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga mendorong penurunan berat badan.

Jus jeruk cukup mudah dibuat. Pilih saja jeruk yang banyak mengandung air lalu peras. Jus jeruk ini bisa langsung diminum.

5. Jus Mentimun

Mentimun cocok untuk diet karena mengandung kalori yang rendah. Selain itu, timun juga kaya akan vitamin dan mineral penting.

Menurut sebuah analisis, kandungan air yang tinggi dan rendahnya kalori yang terkandung dalam mentimun berhubungan dengan penurunan berat badan yang signifikan.

6. Jus Bit

Bit utuh rendah kalori dan kaya serat. Buah ini dapat membantu memperlambat pengosongan lambung dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama jika dimakan.

Jus bit tidak mengandung nutrisi sebanyak dalam bentuk utuh. Meski begitu, jus buah bit bisa menjadi pilihan yang baik dan bergizi untuk menurunkan berat badan.

7. Jus wortel

Wortel padat nutrisi. Asupan serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengendalikan nafsu makan.

Wortel yang dijus mengandung vitamin A tingkat tinggi dan banyak senyawa karotenoid. Penelitian menemukan bahwa orang gemuk yang mengonsumsi minuman kaya karotenoid setiap hari selama 8 minggu mengalami penurunan lemak perut yang signifikan.

Nah, itulah daftar buah dan sayur yang bisa dijadikan jus untuk diet dan membantu mengurangi lemak tubuh.

Menonton video “Antri satu jam untuk jus buah segar Rp 15 ribu
[Gambas:Video 20detik]
(usn/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *