Jakarta

Hampir setiap negara mempunyai bahan es krim dengan karakteristik yang berbeda-beda. Ada beberapa varian es krim tradisional di beberapa negara yang enak namun jarang diketahui.

Rasanya yang segar dan variasinya yang banyak membuat es krim menjadi makanan penutup dan camilan yang digemari di seluruh dunia. Biasanya es krim menggunakan buah-buahan sebagai topping penyedap rasa.

Namun ada beberapa negara yang mempunyai es krim tradisional unik yang jarang diketahui banyak orang. Seperti di Peru yang punya es krim Lucuma, lalu ada Filipina yang punya es krim ube dan masih banyak lagi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dirangkum dari berbagai sumber (04/03), berikut lima es krim tradisional di beberapa negara yang jarang diketahui orang.

1. Lucu

Es Krim Tradisional InternasionalEs Krim Tradisional Internasional Foto: Istimewa

Lucuma merupakan buah subtropis yang pertama kali tumbuh di Andes, dan kini banyak ditemukan di Peru dan Chile. Menurut catatan sejarah, buah lucuma sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Warnanya yang kuning cerah membuat banyak orang menyebut buah ini sebagai buah kuning telur. Rasanya mirip dengan maple atau butterscotch sehingga populer sebagai makanan penutup dan es krim.

Sekarang Lucuma adalah es krim tradisional yang populer di Peru. Faktanya, popularitas es krim Lucuma di sana menyaingi es krim coklat dan vanilla. Banyak juga penjual es krim yang memadukan lucuma dengan buah-buahan lain agar lebih segar.

2. Damar wangi

Es Krim Tradisional InternasionalEs Krim Tradisional Internasional Foto: Istimewa

Masti merupakan getah yang berasal dari pohon Pistacia, tetesan resin yang mengeras ini dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan es krim lezat dengan cita rasa unik di Yunani.

Nira ini sebenarnya bisa diolah menjadi makanan manis atau gurih tergantung selera. Di Yunani, es krim damar wangi juga disebut 'Tears of Chios' karena tetesan karet beningnya menyerupai air mata.

Dari segi rasa, resin ini memiliki rasa yang menyegarkan dan dapat menambah cita rasa pada kue kering, puding, bahkan tepung terigu yang digunakan.

3. Roti coklat

Kopi Es Krim. Selain muffin, salah satu yang paling terkenal dan mudah didapat adalah tiramisu atau es krim rasa kopi. Tiramisu adalah makanan penutup tradisional Italia rasa kopi yang dibuat dengan espresso dan rum. Tiramisu dan makanan lain yang mengandung kopi adalah sumber kafein yang umum dan mudah didapat. Jumlah kafein dalam makanan ini bergantung pada jumlah biji kopi yang digunakan dalam resep dan bisa bervariasi.Es Krim Foto: Getty Images/Dan BEAL

Roti coklat atau roti tawar merupakan topping es krim tradisional yang cukup populer di Irlandia. Roti coklat adalah roti sederhana yang terbuat dari ragi dan buttermilk.

Karena rasanya yang cukup enak dan sudah ada sejak lama, masyarakat mulai mengolah roti coklat menjadi es krim yang manis dan menyegarkan. Sejak saat itu es krim roti coklat menjadi makanan tradisional di Irlandia.

Meski tidak sepopuler es krim lainnya, es krim brownies coklat ini sudah banyak tersedia di seluruh Irlandia. Perpaduan tekstur roti yang renyah dipadukan dengan es krim cair yang manis membuat rasa es krim ini semakin padat dan nikmat.

Menonton video “Barang Jajanan Tradisional Bali 'Laklak' sudah habis terjual
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *