Jakarta

Pemerintah Malaysia menggunakan mesin penjual otomatis untuk mencegah pekerja Muslim melayani pembelian minuman beralkohol.

Masyarakat Malaysia bisa hidup berdampingan tanpa memandang agama dan ras. Namun, ada beberapa larangan agama yang menjadi perhatian bersama.

Salah satu larangan bagi umat Islam adalah tidak bergaul dengan minuman beralkohol. Padahal mereka hanya pekerja supermarket yang hanya melayani transaksi pembelian minuman beralkohol.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hal ini pun mendapat perhatian pemerintah dan dibahas dalam sidang parlemen, seperti dikutip dari Weird Kaya (07/03/24).

Malaysia ingin menjual alkohol menggunakan mesin swalayan agar tidak dijual kepada umat IslamMalaysia ingin menjual alkohol melalui mesin penjual otomatis agar umat Islam tidak menjualnya Foto: iStock

Dalam sidang tersebut, Anggota DPR Pulai Suhaizan Kalat menanyakan apakah pemerintah berencana menerapkan mekanisme untuk mencegah pekerja Muslim menangani minuman beralkohol.

Kemudian, pemerintah daerah berencana menggunakan vending machine untuk mencegah pekerja Muslim bersentuhan dengan minuman beralkohol.

Suhaizan Kalat menuturkan, dirinya khawatir melihat pekerja muslim di toko atau supermarket yang menyiapkan transaksi pembelian minuman beralkohol.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar Departemen Pembangunan Islam (JAKIM) bekerja sama dengan pemerintah daerah menyediakan mesin penjual otomatis khusus minuman beralkohol.

Malaysia ingin menjual alkohol menggunakan mesin swalayan agar tidak dijual kepada umat IslamMalaysia ingin menjual alkohol melalui mesin penjual otomatis agar umat Islam tidak menjualnya Foto: iStock

“Cara ini digunakan agar pekerja muslim tidak harus langsung menjual atau menyerahkan minuman beralkohol kepada pelanggan,” kata Suhaizan Kalat.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Islam) Zulkifli Hasan mengatakan JAKIM akan mempertimbangkan usulan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi ide yang disampaikan YB Pulai dan akan kami coba bawa untuk didiskusikan pada platform terkait,” ujarnya.

Lebih lanjut Zulkifli juga menambahkan, JAKIM juga aktif membantu umat Islam yang ingin keluar dari industri penjualan minuman beralkohol.

“Kami melakukannya dengan memberikan bantuan keuangan sementara kepada mereka melalui pusat zakat dan dewan agama negara hingga mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih baik melalui beberapa program,” tutupnya.

Menonton video “Hidangan Praktis Ramadhan: Saus Sambal Udang Cabai
[Gambas:Video 20detik]
(rak/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *