Jakarta

Kurma identik dengan bulan Ramadhan. Bahkan ada anjuran berbuka puasa dengan memakan kurma, sehingga sudah menjadi tradisi. Ini sebabnya!

Bulan suci Ramadhan dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai bentuk ibadah dan refleksi diri. Puasa dilakukan dengan tidak makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Setiap negara mungkin mempunyai tradisi berbuka puasa masing-masing. Namun ada tradisi yang dilakukan oleh seluruh masyarakat di dunia, yaitu berbuka puasa dengan kurma.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Tradisi ini bermula dari nasehat Nabi Muhammad SAW. Selain makna spiritual, mengonsumsi kurma saat berbuka juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari The Times of India (14/03/24) berikut faktanya!

1. Sunnah Nabi Muhammad SAW

Kopi kurmaDalam Al-Qur'an, kurma disebutkan sebanyak 22 kali. Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Dalam Al-Qur'an, tanggal disebutkan sebanyak 22 kali, yang menggambarkan maknanya. Nabi SAW juga dipercaya gemar makan kurma saat berbuka puasa.

Oleh karena itu umat Islam di seluruh dunia mengikuti tradisi ini. Mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW, umat Islam berbuka puasa dengan kurma dan air.

Beliau bersabda, “Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma, karena ia (kurma) itu berkah, jika ia tidak mendapat kurma, maka berbukalah dengan air karena (air) itu bersih, (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

2. Dianjurkan makan kurma dalam jumlah ganjil

Ilustrasi tanggalNabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk makan kurma dalam jumlah ganjil Foto: Getty Images/iStockphoto/barmalini

Nabi Muhammad SAW menganjurkan para pengikutnya untuk memakan kurma dalam jumlah ganjil, 1, 3, 5, dst. Nabi Muhammad SAW sendiri biasanya hanya makan 3 buah kurma.

Saran ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Banyak penelitian menemukan bahwa makan kurma dalam jumlah banyak akan menghasilkan gula darah dan potasium tanpa memberikan banyak energi.

Jika dimakan dalam jumlah ganjil, tubuh mampu mengubah gula menjadi karbohidrat. Dengan cara ini Anda bisa menambah energi setelah seharian berpuasa.

Manfaat Buka Puasa dengan Kurma Secara Spiritual dan Kesehatan ada di halaman berikutnya.

Menonton video “KuTips: Bikin Infused Water Kurma untuk Jaga Stamina Saat Puasa!
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *