Jakarta

Kurma Israel harus diboikot oleh umat Islam karena serangan kemanusiaan mereka yang brutal terhadap warga Palestina. Agar tidak salah pilih, cari tahu ciri-ciri kurma Medjool yang diproduksi di Israel.

Seruan untuk memboikot produk-produk Israel, termasuk kurma, juga digaungkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mereka juga menegaskan bahwa kurma Israel adalah haram.

Israel sendiri dikenal sebagai salah satu produsen kurma Medjool terbesar di dunia, salah satu jenis kurma yang populer karena rasa manis alaminya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun perlu dicatat bahwa Israel bukan satu-satunya produsen kurma Medjool. Ada pula negara lain yang juga memproduksi kurma Medjool, seperti Maroko dan Palestina.

Kurma medjool mempunyai fakta menarik dan beberapa ciri sebagai berikut:

Kurma Medjool Mentah Organik Siap DisantapKurma Medjool Mentah Organik Siap Disantap Foto: iStock

1. Jenis kurma lunak
Mengutip Medical News Today, kurma Medjool termasuk jenis kurma lunak. Pasalnya kurma jenis ini dilakukan pada awal musim kurma masak.

Namun kurma ini juga dijual dalam bentuk kering. Namun hasilnya pasti tidak akan terlalu kering. Kurma ini memiliki tekstur yang lembut dan sedikit lengket.

2. Rasa manis alami
Manisnya alami kurma Medjool sebenarnya berasal dari peningkatan konsentrasi gula saat kurma dikeringkan dalam keadaan lunak. Sebab, kurma ini memiliki rasa manis alami seperti karamel yang tidak terlalu lengket.

3. Bentuknya panjang dan besar
Secara fisik kurma ini cukup besar dan panjang. Mengutip berbagai sumber, kurma ini dikenal juga dengan sebutan 'Raja Kurma'. Julukan ini mungkin muncul karena ukuran dan bentuknya yang besar.

4. Bisa dimakan mentah
Selain dimakan dalam keadaan matang dan kering, kurma jenis ini juga bisa dimakan dalam keadaan segar. Namun, masyarakat lebih memilih memakannya dalam keadaan kering.

5. Tahan lama
Kurma medjool memiliki umur simpan yang relatif lama. Selama Anda menyimpannya di tempat sejuk dan kering, kurma ini bisa bertahan cukup lama.

Dari segi nutrisi, kurma jenis ini hanya memiliki sedikit protein. Namun kurma ini bisa menjadi sumber energi yang relatif besar, yang berasal dari gula alami di dalamnya.

Selain itu, kurma medjool juga mengandung potasium dalam jumlah tinggi. Kandungan potasium per gram kurma Medjool dua kali lipat dari pisang.

Kurma Medjool diproduksi di negara-negara berikut:

Kurma Medjool Mentah Organik Siap DisantapKurma Medjool. Foto: iStock

1. Maroko
Medjool sebenarnya berasal dari Maroko. Negara ini juga memproduksi Medjool dan memasarkannya ke beberapa negara. Salah satu merk kurma Medjool yang berasal dari Maroko adalah Kurma Medjool Maroko.

2. Palestina
Kurma medjool juga diproduksi di Palestina, tepatnya di Tepi Barat atau West Bank. Nama dagang kurma Medjool asal Palestina antara lain Kurma Palestina & Merek Sultan yang diproduksi oleh Ziyad Brothers.

Selain itu, Palestina juga memproduksi kurma Medjool dengan merek Kurma Medjool Palestine King.

Palestina juga memproduksi kurma Medjool lainnya yaitu Medjool Al Quds Classic.

Bagaimana mengenali tanggal Israel

Jelang Ramadhan, penjualan kurma di Pasar Tanah Abang meningkat, Rabu (6/3/2024).Peningkatan penjualan ini terjadi di tengah seruan boikot kurma Israel.Menyerukan boikot terhadap kurma Israel. Foto: Pradita Utama

Yang pasti, Anda perlu mengetahui cara mengenali tanggal Israel berikut ini.

1. Periksa barcode pada paket. Hindari produk kurma yang barcodenya diawali dengan angka 729. Nomor ini adalah nomor seri Israel.
2. Catat juga tanggalnya tanpa informasi produsen dan negara asal yang jelas. Hindari kurma yang dikemas seperti ini untuk menghindari trik produsen Israel untuk menipu pembeli.
3. Biasanya harga kurma Israel lebih mudah dijual karena disubsidi pemerintah.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul 5 Ciri-ciri Kurma Medjool yang Diproduksi di Israel.

Menonton video “Lebih baik berbuka puasa dengan minuman hangat atau dingin?
[Gambas:Video 20detik]
(isak/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *