Jakarta

Kandungan asam pada kopi sering dikeluhkan menyebabkan gangguan lambung. Ternyata ini tips untuk tetap minum kopi dengan nyaman untuk perut.

Selain kandungan kafeinnya, kopi secara alami juga memiliki kadar asam yang terbentuk saat menjadi buah. Beberapa orang yang memiliki perut sensitif biasanya akan mengalami beberapa gejala tidak nyaman setelah minum kopi.

Keluhan seperti nyeri ulu hati dan peningkatan asam lambung dapat menimbulkan efek yang mengganggu. Ternyata efek tersebut bukan disebabkan oleh kadar asamnya, melainkan oleh kafein yang ada di dalam kopi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kandungan kafein tersebut kemudian akan memicu produksi asam lambung di lambung dan menimbulkan berbagai keluhan seperti yang telah disebutkan. Namun para ahli punya tips menyeduh kopi agar lebih aman bagi lambung.

Baca juga: 5 Makanan Olahan yang Direkomendasikan Ahli Gizi untuk Dikonsumsi

Berikut 5 tips aman minum kopi untuk perut menurut Full Coffee Roast:

5 Tips Minum Kopi Aman untuk Penderita Perut SensitifMemilih kopi tanpa kafein bisa menjadi solusi untuk mendapatkan kopi yang lembut di perut. Foto: Getty Images/photo_Pawel

1. Beralih ke kopi tanpa kafein

Bagi penderita perut sensitif, mengonsumsi kopi dengan kadar kafein tinggi bisa berisiko. Kini terdapat pilihan kopi tanpa kafein yang memiliki kadar kafein jauh lebih rendah dibandingkan kopi pada umumnya.

Meminum kafein pada kopi mampu meminimalisir efek rasa terbakar di dada akibat naiknya asam lambung. Kopi tanpa kafein memiliki rasa yang tidak berbeda dengan kopi pada umumnya, namun kandungan kafeinnya lebih rendah.

Kadar kafein yang rendah juga bukan berarti Anda boleh mengonsumsi kafein lebih banyak, alasannya karena kopi tanpa kafein masih mengandung asam di dalamnya. Konsumsi kopi tetap dalam batas aman dan moderat adalah cara terbaik.

2. Tambahkan susu

Selain menurunkan kadar kafein, menurunkan kadar asam dalam secangkir kopi juga bisa menjadi solusi untuk menghindari sakit perut. Caranya adalah dengan menambahkan susu sapi ke dalam secangkir kopi yang diseduh.

Susu memang mengandung kadar asam di dalamnya, namun memiliki efek khusus. Menambahkan susu ke dalam segelas kopi dapat meredakan efek asam kopi dalam tubuh.

Untuk saat ini, para ahli masih sepakat bahwa efek tersebut hanya bisa didapat dari susu sapi. Mengganti susu pada kopi dengan susu nabati belum terbukti memberikan hasil yang sama.

Tips aman minum kopi lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “KPK Tahan 15 Tersangka Kasus Pemerasan Narapidana, Salah Satunya Karutan
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *