Jakarta

Nabi sering memberi contoh agar umat Islam bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya. Termasuk beberapa menu sahur yang sunnah dan anjuran nabi.

Selain Al-Quran dan Hadits, Sunnah Nabi Muhammad SAW juga menjadi pedoman yang dapat membimbing kehidupan umat Islam ke arah yang lebih baik. Sunnah atau hal-hal yang dianjurkan Nabi mempunyai alasan yang tidak hanya baik untuk amal agama tetapi juga untuk kesehatan.

Nabi SAW semasa hidupnya menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sangat sehat. Jadi tidak ada salahnya mengikuti sunnah dan anjuran makanan tertentu yang telah dicontohkan Rasulullah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Saat berpuasa di bulan Ramadhan, ternyata ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk rutin dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW. Kandungan nutrisinya yang lengkap dan padat disebut-sebut mampu menguatkan tubuh saat berpuasa sepanjang hari dan memberikan banyak manfaat.

Baca juga: Sajikan Porsi Kecil untuk Wanita, Restoran Sushi Berbintang Michelin Protes

Berikut 7 makanan sahur yang dianjurkan Rasulullah menurut Tangan Muslim:

Berikut 7 Menu Sahur Sehat yang Anjuran RasulullahDisunnahkan bagi Nabi untuk makan labu yang kaya air secara teratur selama bulan Ramadhan. Foto: Getty Images/iStockphoto/lisegagne

1. Bagus

Jenis labu kuning sangat banyak di dunia, serta berbagai varietasnya banyak tumbuh di Indonesia. Labu secara alami memiliki kandungan air yang tinggi, mencapai hingga 97% dari total beratnya.

Labu kuning bisa diolah menjadi berbagai camilan lezat, seperti lalapan atau dijadikan sup hangat. Ide menu sahur sederhana berbahan dasar labu kuning misalnya adalah labu siam yang bisa dipadukan dengan sayuran lain.

2. Semangka

Kebutuhan hidrasi yang tinggi saat berpuasa harus diperhatikan oleh umat Islam. Mengonsumsi makanan tinggi kandungan air, seperti semangka, bisa menjadi salah satu cara mencegah dehidrasi.

Ternyata buah semangka yang memiliki kandungan air hingga 90% ini juga dianjurkan Rasulullah untuk rutin dimakan saat berbuka puasa. Melon bisa menjadi hidangan pembuka sebelum hidangan utama atau hidangan penutup sambil menunggu waktu imsak.

3. Hitung

Telur merupakan sumber protein baik yang murah dan mudah didapat. Sebutir telur mengandung vitamin A, D, E, B6, B12, kalsium, zat besi, dan zinc yang lengkap.

Kebutuhan tubuh manusia akan asupan protein saat berpuasa sangatlah penting. Pasalnya, protein mampu membantu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga tubuh tidak mudah lemas saat berpuasa sepanjang hari.

Makanan sunnah sahur lainnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *