Jakarta

Tak hanya sekedar merebus daging dan tulang, ada trik membuat sop bakso yang enak dan beraroma. Ikuti saja tips berikut ini untuk membuat kuah bakso yang enak dan nikmat.

Banyak orang yang menyukai bakso dengan kuah yang bening dan gurih. Rasanya yang nikmat dan hangat ini juga cocok dijadikan menu sahur yang praktis. Apalagi dilengkapi dengan mie.

Kuahnya sendiri menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan cita rasa dari sebuah bakso. Kuahnya terbuat dari sari daging rebus dan lemak. Saus ini bisa dibuat dalam jumlah banyak dan dijadikan kaldu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut 4 tips penting dalam membuat kaldu sop bakso agar rasanya enak, bening, dan menyegarkan.

1. Gunakan daging berlemak

Resep Bihun Sop Daging Sapi dan BaksoGunakan daging berlemak untuk membuat sup bakso. Foto: iStock

Tips utama membuat kuahnya adalah dengan menggunakan daging yang berlemak. Lemak ini akan membuat kuahnya semakin gurih dan gurih. Potongan brisket jenis ini sangat cocok untuk kaldu bakso.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beef patty dengan potongan lemak. Namun hati-hati jangan sampai menggunakan terlalu banyak lemak agar kuahnya tidak terlalu berminyak.

2. Gunakan api kecil

Saat merebus daging berlemak, rebus air secukupnya terlebih dahulu. Lalu masukkan potongan daging sapi. Rebus sebentar, lalu angkat daging sapi dan buang air rebusan serta kotorannya.

Selanjutnya rebus kembali air bersih secukupnya. Tambahkan daging dan lemak, masak dengan api kecil hingga daging dan lemak empuk.

Untuk merebus daging ini, pastikan selalu menggunakan api yang pelan. Hal ini memastikan air rebusan sedikit diaduk dan kuah daging menjadi bening dan nikmat.

Tips membuat kuah bakso ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Ahli Gizi Tidak Merekomendasikan Sahur Menggunakan Mie
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *