Jakarta

Kue sangat populer sebagai suguhan Natal. Pemula bisa membuat kue sendiri di rumah dengan mengikuti 5 tips berikut ini.

Jelang Natal yang jatuh pada 25 Desember nanti, detikers mungkin sudah menyiapkan suguhan istimewa di hari istimewa itu. Salah satu menu yang biasa disajikan adalah kue kering.

Kue kering yang biasa disajikan terdiri dari kue kastengel, nastar, dan kue jahe. Detikers sebenarnya bisa membuat kue kering ini sendiri di rumah. Dengan menggunakan bahan dan cara yang tepat, dijamin kue kering yang Anda buat sendiri rasanya tak kalah nikmat dengan kue kering yang Anda beli di luar. Hasilnya pun bisa matang sempurna.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Jika Anda ingin membuat kue kering sendiri di rumah, ikuti 5 tips berikut ini seperti yang dirangkum detikfood dari berbagai sumber:

1. Timbang bahan dengan hati-hati

5 Bahan Ini Bisa Jadi Baking Powder Pengganti Baking KueBahan kue harus ditimbang dengan hati-hati. Foto: Getty Images/iStockphoto/casting tampilan baru

Untuk menjamin hasil kue yang sukses, jangan lupa untuk selalu menimbang bahan-bahannya dengan cermat.

Ikuti takaran persisnya dalam resep. Untuk mempermudah dan menghindari kebingungan, Anda dapat menggunakan timbangan digital yang nomor tata bahasanya tercantum dengan jelas.

Penimbangan yang tidak akurat seringkali menjadi faktor kegagalan pembuatan kue. Misalnya, terlalu banyak gula yang digunakan. Hal ini justru membuat adonan kue kering mudah gosong. Tepung yang terlalu banyak juga membuat kue menjadi keras.

2. Ayak atau ayak tepung terigu

Bahan bertepung mungkin memiliki partikel yang tampak halus. Meski begitu, Anda tetap perlu menyaring tepung ini.

Mengayak tepung akan menghasilkan butiran yang halus sehingga tidak ada gumpalan lagi. Butiran halus ini akan memudahkan proses pencampuran. Menambahkan udara ke tepung membuatnya lebih mudah untuk diaduk. Ini juga menghasilkan kue yang lebih renyah dan lembut.

Mengayak tepung terigu juga membantu membersihkan tepung dari kotoran atau tungau yang mungkin menempel di dalamnya.

Tips membuat kue kering lainnya bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Manisnya es batu dan cita rasa pecel sayur di Kota Tua
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *